Home / Olahraga / Sumsel Ditawari Gelar Karate Asia

Sumsel Ditawari Gelar Karate Asia

Palembang, BP

Provinsi Sumatera Selatan mendapat kehormatan dari pihak Asia Karate Federation (AKF) untuk menyelenggarakan kejuaraan Karate Asia AKF Championship 2016.

Hal ini berdasarkan surat yang disampaikan oleh pihak Pengurus Besar (PB) Federasi Olahraga Karate-do Indonesia (FORKI) kepada Pengprov Forki Sumsel, dengan nomor 249PB.FORKI-SEKJEN/X/2015 perihal tawaran untuk menjadi tuan rumah pelaksanaan kejuaraan Karate Asia AKF Champuonship 2016.

“Keputusan Indonesia sebagai tuan rumah AKF Championship 2016 ini berdasarkan hasil kongres AKF bulan September 2015 di Yokohama Jepang. Dalam kongres tersebut, Indonesia diberikan kepercayaan untuk melaksanakan AKF Junior, Cadet & U21 Championship 2016. Dengan demikian, berdasarkan arahan dari Presiden AKF bahwa PB FORKI harus mengusulkan dua alternatif tempat pelaksanaan yang nantinya akan diputuskan langsung oleh AKF setelah dilakukan peninjauan lokasi terlebih dahulu,”ujar Sekretaris Umum FORKI Sumsel Aliyuddin Arsal, Jumat (23/10) di Sekretariat KONI Sumsel.

Lebih lanjut dijelaskannya, dari dua alternatif lokasi yang diusulkan untuk tempat pelaksanaan kejuaraan tersebut salah satunya Palembang. Hal ini didasarkan bahwa Pengprov FORKI Sumsel dalam beberapa kali penyelenggaraan even kejuaraan nasional dan internasional dianggap berhasil dengan baik.

“Direncanakan kejuaraan karate AKF Championship 2016 ini akan dilaksanakan pada sekitar bulan Juli 2016. Pada prinsipnya kita siap dan ini merupakan suatu kehormatan karena merupakan even tingkat Asia, di mana akan datang petarung-petarung hebat dari berbagai negara di Asia, seperti Jepang, Korea, Kazakztan, India dan negara-negara kuat lainnya,” jelasnya.

Ditambahkannya, menindaklanjuti surat yang disampaikan pihak PB FORKI tersebut, pihaknya juga sudah menyampaikan kepada pihak Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dalam hal ini Dinas Pemuda dan Olahraga Sumsel dan KONI Sumsel.

“Kita berharap dalam waktu dekat sudah ada kepastian, dan dapat segera menyampaikan kesediaan untuk menjadi tuan rumah kepada pihak PB FORKI. Harapan kami, kejuaraan ini nantinya juga sebagai ajang tes even menjelang pelaksanaan Asian Games ke-18 tahun 2018,”pungkasnya.

Sementara itu, Sekretaris Umum (Sekum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumsel melalui Ketua Humas dan Media Darmansa menyatakan bahwa sejauh ini surat dari PB sudah diterima dan akan dikordinasikan dengan Pemerintah Provinsi dalam hal ini Dispora Sumsel.

“Surat penunjukan sebagai tuan rumah sudah kami terima. Dan pada prinsipnya, rencana even tersebut akan berdampak positif untuk persiapan menjelang Asian Games 2018,” ujar Darmansa.

Menurutnya, para peserta juga akan meramaikan perhelatan Asian Games 2018. “Karena memang negara-negara Asia adalah peserta Asian Games 2018. Jadi selain test event juga laga ujicoba,” ujarnya. O sug

x

Jangan Lewatkan

16 Negara Asia Ramaikan Takraw Asian Games 2018

Palembang, BP– Pesta olahraga bangsa-bangsa Asia yang bakal digeber di Ibukota Jakarta dan Bumi Sriwijaya 2018 mendatang kini terus mengalami ...