Home / Headline / Evakuasi Korban Asap Disiapkan

Evakuasi Korban Asap Disiapkan

Jakarta, BP

PicsArt_1445588634327Selain upaya pemadaman api kebakaran hutan yang terus digalakkan, pemerintah juga berencana mengevakuasi warga di wilayah terdampak kabut asap. Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan, pemerintah sudah paham betul dengan masalah kebakaran hutan tersebut.

Menurut Luhut, pemerintah akan mengambil beberapa langkah konkret untuk penanggulangan kebakaran hutan dan dampaknya. Langkah pertama yakni upaya pemadaman api.

“Kita ambil tiga tahapan langkah, pertama tentu penanggulangan kebakaran, atau membatasi pengembangan api. Kami sudah lihat dan kami sudah paham betul masalahnya,” ujar Luhut usai rapat bersama Presiden Joko Widodo di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Jumat (23/10). “Saya ulangi, kami paham betul masalahnya dan kami mengambil langkah-langkah untuk penanggulangan ini,” sambungnya.

Meski demikian, diakui Luhut, upaya yang dilakukan tidak bisa langsung memadamkan api. Pasalnya gejolak alam El Nino diperkirakan masih terus terjadi hingga beberapa minggu ke depan.

“Bahwa api ini bisa dipadamkan, saya ingin katakan pada Anda, tidak akan mungkin kita padamkan 1-3 minggu ke depan. Karena kita harus bersama-sama dengan hujan. Tapi langkah-langkah gunakan chemical, pesawat besar seperti BE-200 sudah dijalankan dan operasi-operasi water bombing sudah jalan. Operasi-operasi darat semua jalan,” kata Luhut.

Langkah kedua, yakni pemerintah akan melakukan operasi kemanusiaan. Operasi ini didasari karena perkiraan El Nino yang masih panjang.

“Sebelum operasi kemanusiaan atau paralel berjalan, adalah bagaimana kita mengatasi ke depan, karena El Nino ini bisa saja terjadi berkepanjangan. Saya ingat Februari atau Maret lalu, kita masih katakan El Nino tidak lama, tapi sekarang ini lebih parah dari apa yang kita bayangkan. Karena itu kami tidak mau ambil resiko. Presiden perintahkan itu, operasi kemanusiaan, sudah semua siap dari kementerian terkait lalu Inpres yang akan dikeluarkan. Semua sudah tahu, siapa akan melakukan apa, telah dilaporkan pada presiden, presiden perintahkan go ahead. Kita sudah jalan mulai hari ini,” jelas Luhut.

Terakhir, kata Luhut, pemerintah akan menyiapkan upaya evakuasi warga. Mulai dari kantor pemerintahan hingga kapal perang disiapkan untuk tempat evakuasi.

“Kami sudah persiapkan kapal perang TNI maupun Pelni, untuk kalau diperlukan akan dijadikan tempat pengungsian di daerah-daerah tertentu, di Sumatera dan Kalimantan. Kami siapkan ada 6 kapal TNI, 3 atau 2 nanti disiapkan di Kalimantan, tergantung Panglima TNI men-deploy-nya dan nanti di pantai dekat Sumatera,” kata Luhut.

“Begitu serius pemerintah tanggapi ini. Jadi presiden sudah perintahkan semua para menteri yang hadir di sini untuk semua berbuat sesuai dengan apa yang sudah kami rencanakan,” tambahnya. #rif

x

Jangan Lewatkan

Dana Bantuan 11 Parpol Di Sumsel Tahun 2017 Capai Rp 2.030.811.552

Palembang, BP Hingga saat ini Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Sumsel belum menerima secara resmi petunjuk pelaksanaan (juklak) ...