Home / Headline / 18 Camat OKUS Cuek Bencana Kebakaran

18 Camat OKUS Cuek Bencana Kebakaran

Muaradua, BP
20151009_125037_resizedKebakaran di seluruh Kabupaten OKUS tidak mendapatkan perhatian serius dari kecamatan yang tersebar di Kabupaten OKUS. Hal itu diungkapkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah OKUS Mahfi Abubakar, SE melalui  Seketaris BPBD OKUS Uliyatiliska, SE, Rabu (21/10).
Dia mengakui berdasarkan laporan yang masuk ke BPBD merupakan inisiatif dari masyarakat, bukan dari pemerintahan kecamatan.
“Semustinya para camat juga harus berperan aktif mengenai bencana kebakaran ini, ya paling tidak sebaran tulisan  dikirim ke BPBD, contoh ada kebakaran disini tolong ditanggulangi. Ini malah masyarakatnya yang aktif, “akunya.
Yang lebih parah lagi, kata dia, berdasarkan sebaran hotspot sebulan terakhir ada beberapa kecamatan mempunyai kebakaran tertinggi di Kabupaten OKUS, namun para camatnya tak satu pun melapor dengan kebakaran tersebut.
“Satelit membaca di Kecamatan Mekakau Ilir ada 52 titik, Buay Sandang Aji 41 titik, dan disusul Kecamatan Buana Pemaca 25 titik, tapi para camatnya adem ayem aja, seolah tak ada kebakaran diwilayahnya, ini kan aneh, “tandasnya.
Dikatakannya pentingnya koordinasi dengan para Camat supaya mengetahui adanya kebakaran dilokasi masing-masing Kecamatan, Karena jelas dia kebakaran di Kabupaten OKUS belum maksimal terpantau oleh Badan Meteorologi Kilimatologi Geofisika (BMKG) Provinsi, hal ini disebabkan satelit tak bisa membaca titik api karena ditutupi asap.
Selain satlit sulit membaca titik api, penyebab lainya adalah jarak antara kabupaten ke kecamatan yang ada di OKUS rata-rata jauh, oleh karena itu pihaknya sangat membutuhkan informasi melalui para camat.
“Makanya pihak kami sangat memerlukan laporan dari Kecamatan, karena sewaktu-waktu satlit tak bisa membaca titik api, sedangkan jarak antara kabupaten dengan ke kecamatan jauh, mana bisa kami menentukan apakah ada kebakaran disana atau tidak,” jelas dia.
Uli menjelaskan dari 19 Kecamatan yang tersebar di Kabupaten OKUS, hanya Kecamatan Muaradua yang uptudate melaporkan adanya kebakaran di wilayahnya.
“Cuman Kecamatan Muaradua, yang sering melapor ada kebakaran, kalau yang lainnya cuek dengan bencana ini,” jelasnya. #bob
x

Jangan Lewatkan

12 Desember Hingga 25 Desember, KPU Palembang Lakukan Verfikasi Faktual Calon Perseorangan

Palembang, BP KPU kota Palembang segera melakukan verifikasi lapangan terkait dukungan KTP atas dua Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Walikota dan ...