Home / Sumsel / Ogan Komering Ulu Selatan / Warga Pertanyakan Perencanaan Jembatan Buntu di Ujung Sawah Lebar?

Warga Pertanyakan Perencanaan Jembatan Buntu di Ujung Sawah Lebar?

Muaradua, BP
IMG-20150224-00154_resizedJembatan di Talang Sawah Lebar, Desa Pendagan, Kecamatan Muaradua, yang dibangun pada 2014 menghabiskan anggaran mencapai angka Rp7 miliar hingga kini belum dirasakan manfaatnya bagi warga sekitar, dan khususnya Kecamatan Muaradua.
Sejumlah warga mempertanyakan kebijakan yang diambil Pemerintah Kabupaten OKUS terkait pembangunan Jembatan tersebut.
“Sebenarnya saya tidak sengaja melintas di arah Sawah Lebar. Saya lihat ada jembatan, lalu saya ikuti, sampai  di ujungnya tidakj ada jalan sama sekali,” kata Suardi (28), salah satu warga Muaradua, Selasa (20/10).

Menurut dia, pembangunan jembatan itu hanyalah kebijakan sia-sia. Terlebih, jika hal tersebut menghabiskan anggaran dan tak ada manfaatnya. Sedangkan, sejumlah kecamatan lain masih banyak, di antaranya membutuhkan pembangunan jembatan.

“Kok bisa ya jembatan ini dirancang seperti ini, kalau seperti ini mubazir. Padahal, di daerah lain, masih banyak butuh dibangun akses penghubung,” tuturnya.

Dikatakan, pembangunan jembatan tersebut kini menimbulkan pertanyaan bahwa ada kelalaian dilakukan instansi terkait dalam hal merencanakan pembangunannya. “Sebelum dibangun diteliti terlebih dahulu, ada manfaatnya ngak buat masayarakat, kalau begini uang negara yang membangun sia sia saja,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Bappeda OKUS Romzi, SE, MSi mengaku tidak mengetahui kapan pembangunan jembatan tersebut. Jika memang terdapat jembatan hanya menuju sawah dan perkebunan, tidak ada akses jalan yang dituju, itu merupakan tanggung jawab Dinas Pekerjaan Umum, bukan Badan Perencanaan Pembangunan dan Penanaman Modal Daerah.

“Tidak tahu, kalau memang ada jembatan di situ, yang jelas pembangunan itu harus  menguntungkan buat masyarakat, bukannya sia-sia. Dan kalau masalah perencanaan pembangunannya, silakan tanya dengan PU, bukan saya,” singkatnya. #bob
x

Jangan Lewatkan

Urbanisasi Penduduk OKUS Tidak Terdata

Muaradua, BP Perpindahan penduduk dari desa ke kota atau urbanisasi usai lebaran dari tahun ke tahun terus mengalami  pelonjakan, termasuk ...