Home / Palembang / Parkir Liar Disapu Bersih

Parkir Liar Disapu Bersih

Palembang, BP
Parkir di kawasan Palembang Square (PS) Mall disapu bersih. Tidak hanya itu, di sepanjang sisi jalan Jalan Pimpong dipasang pembatas jalan sehingga tidak ada kendaraan roda dua yang bisa terparkir di lokasi tersebut.
 “Saya kaget mau parkir di luar mbak, ternyata ada penertiban. Terpaksa parkir di dalam, mahal berarti nanti bayarnya ini,” kata warga sekitar, Rudi saat akan parkir, Senin(19/10).
Dikatakan pengunjung mal lainya, Septi (35), memang parkir liar kerap mengganggu pengunjung yang hendak ke PS Mall. Pengendara mobil sulit untuk belok karena padatnya sepeda motor.
“Biasanya kalau mau belok di sini bawa mobil susah sekali, ini sudah lancar. Memang sudah ada tulisan dilarang parkir, seharusnya ditaati dari dulu,” katanya.
Pantauan di lapangan penertiban dan penjagaan kawasan jalan di sisi kiri PS Mall tersebut dilakukan sejak pagi hari. Beberapa pengendara yang akan memarkirkan motornya pun dihalau oleh petugas Dishub yang menjaga kawasan tersebut dan terpaksa masuk ke area parkir resmi PS Mall.
Kepala Dishub Palembang Masripin Toyib yang turut memantau langsung penertiban mengatakan, pihaknya sudah lama diminta pengguna jalan tersebut untuk mengembalikan fungsinya.
Selama ini, hampir sebagian besar badan jalan memang dimanfaatkan untuk parkir liar dan karena tarif parkirnya yang jauh lebih murah dibanding parkir resmi di dalam area PS, menyebabkan pengunjung lebih memilih parkir di area terlarang tersebut.
“Saya tadi sempat pantau langsung, ternyata area parkir resmi di dalam mall justru masih banyak yang kosong. Selama ini kan banyak pengunjung yang lebih suka parkir di luar karena memang tarifnya murah,” ujarnya.
Hingga dua pekan ke depan, Masripin mengatakan petugas Dishub Palembang akan tetap berjaga di kawasan tersebut. Penertiban ini juga dilakukan di sepanjang Jalan POM IX yang selama ini juga sering dilakukan razia berkala. Terkadang tak sedikit kendaraan yang digembok oleh petugas Dishub Palembang yang berkeliling.
“Kami juga meminta pada pihak manajemen PS Mall untuk dapat mengimbau pada seluruh pegawai yang bekerja di PS untuk memanfaatkan parkir resmi. Karena jika tidak ada permintaan kan juga parkir liar ini tidak akan muncul lagi,” tegasnya.
Ke depan pun Dishub Palembang juga akan segera melakukan penertiban parkir liar di sejumlah titik lainnya. #ren
x

Jangan Lewatkan

Ratusan Koperasi Tinggal Papan Nama

Palembang, BP — Pertumbuhan koperasi di Kota Palembang terbilang cukup signifikan terutama yang dibentuk oleh masyarakat. Dari total 1082 hampir setengahnya ...