Home / Headline / Kebakaran Hutan: Satwa Keluar Sarang, Warga Was-was

Kebakaran Hutan: Satwa Keluar Sarang, Warga Was-was

PALI, BP
IMG_00000120Banyaknya hutan yang terbakar, tidak hanya menimbulkan kabut asap  namun juga memaksa hewan reptil seperti  ular, kadal, dan bunglon keluar dari sarangnya, bahkan masuk ke permukiman penduduk.

Seperti yang terjadi di perkebunan dekat permukiman pen‎duduk Desa Suka Maju, Kecamatan Talang Ubi, Kabuapaten Penukal Abab Lematang (PALI), warga terpaksa membunuh ular warna hitam kuning menggunakan kayu dan senjata tajam.

Menurut warga Dusun III, Desa Suka Maju, Kecamatan Talang Ubi, pasca terbakar lahan tidur PT Perkebunan Nusantara 7 (PTPN 7)  dan kebun warga sering sekali melihat ular dan kadal di permukiman penduduk berkeliaran.

“‎Sejak terjadinya musibah kebakaran huatan, kami sering melihat ular warna hitam kuning, belang beling dan panjangnya lebih dari 1 meter, kalau kami menyebut ular itu munti masak,” kata Arifin (23), warga Desa Suka Maju, Senin (19/10).

Lanjut Arfin,  meskipun ular tersebut belum menggigit warga warga setempat  merasa was-was terancam melihat ular berkeliaran masuk di  permukiman penduduk, hal tersebut membuat warga secara membabi buta membunuh ular menggunakan kayu dan senjata tajam.

“Sudah sering kami bunuh ular, satu pekan ini saja sudah tiga ular kami bunuh, lihat ular kami pukul pakai kayu dan  golok (senjata tajam) kami langsung pancung  ular itu sampai mati,” tambanya.

Senada juga dikatakan, Bagan, semenjak hutan terbakar banyak hewan reptil ular biawak, dan musang bermunculan di kebun dan permukiman penduduk.

“‎Yo dek sejak  hutan terbakar, kami sering melihat ular, biawak dan bunglon, dan hewan reptil  keluar dari sarangnya  yang terbakar, dulu sering juga lihat hewan itu tapi di kebun, kalau sekarang sudah masuk permukiman penduduk,” katanya. #hab

x

Jangan Lewatkan

Lomba Roket Air Di SMANTA

Palembang, BP Pelaksanaan lomba roket air SMA Negeri 3 Unggulan Palembang (SMANTA) berjalan dengan lancar dan sukses, Sabtu (16/12). Ekstrakurikuler ...