Home / Headline / Koperasi Harus Mengembangkan Manajemen Modern

Koperasi Harus Mengembangkan Manajemen Modern

Palembang, BP
IMG-20151016-02889Wakil Gubernur Sumatera Selatan Ishak Mekki mengatakan, koperasi di Sumsel harus didorong agar bisa menarik tenaga kerja. Ia mengajak koperasi bisa mengembangkan kawasan Tanjung Api Api. “Koperasi harus cepat tanggap dan jangan kalah bersaing dengan kalangan pengusaha. Selama ini para pengusaha lah yang tanggap. Malahan koperasi dulu manajemennya dia ketua, dia bendahara, dan dia seketaris. Ini tidak cocok lagi,” kata Ishak saat membuka promosi produk unggulan koperasi di daerah dari 16 sampai 17 Oktober 2015 di halaman DPRD Sumsel, Jumat (16/10).
Karena itu, lanjut Ishak, koperasi harus mengembangkan manajemen modern, apalagi pemerintah mendukung koperasi dengan kridit usaha 6 persen. Manajemen promosi, pemasaran harus dilakukan koperasi agar bisa maju dan berkembang.
“Usul untuk gedung promosi akan saya sampaikan ke Bapak Gubernur,” katanya.
Ketua Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Wilayah Sumsel  H Budiarto Marsul mengatakan, promosi produk unggulan koperasi di daerah tidak lepas menyambut kebijakan pusat yang memberikan kesempatan usaha kecil dan koperasi.
“Ini tidak lain agar produk kita bangkit dan memberikan kesempatan pengusaha kecil meluaskan jaringan usaha. Dengan ini akan kita lihat peluang baru muncul dan kita wadahi dalam koperasi agar mudah membinanya,” kata Ishak.
Kelemahan modal, pemasaran, dan manajemen akan diatasi dengan pelatihan di koperasi. Apalagi produk di Sumsel sangat unggul dan pemasarannya diperluas. “Kita butuh satu tempat untuk menampilkan produk ini. Persoalannya kita kekurangan itu dan kami minta Pak Wagub agar produk kita dipasang satu etalase sehingga orang bisa melihatnya,” katanya. Kalau belum bisa,  gedung milik pemda bisa dipakai untuk produk UMKM dan koperasi.
Ketua Panitia Salamah W Susantih mengatakan, ini kegiatan jaringan koperasi dekopin di daerah mempertemukan penjual dan pembeli melalui media promosi. “Dalam acara ini ada sarasehan terbuka, presentasi di mana kita jaring wisausaha baru, selain itu kita ada lomba presentasi pelajar dan mahasiswa dalam memaparkan bisnisnya,” katanya.
Sekitar 32 gerai di sini mewakili dekopin daerah, mitra usaha koperasi, dan koperasi UMKM,” katanya.#osk

x

Jangan Lewatkan

Dana Bantuan 11 Parpol Di Sumsel Tahun 2017 Capai Rp 2.030.811.552

Palembang, BP Hingga saat ini Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Sumsel belum menerima secara resmi petunjuk pelaksanaan (juklak) ...