Home / Headline / Tambah Dana Kehutanan Rp 3,5 Triliun

Tambah Dana Kehutanan Rp 3,5 Triliun

# Komisi IV DPR RI Fokus Danai Pencegahan Karhutlah

Palembang, BP
MASTER-Penangan kabut asap (1)Bencana kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutlah) di enam provinsi termasuk Sumatera Selatan tahun ini merupakan yang terparah daripada tahun sebelumnya. Salah satu kendala pemerintah provinsi maupun pusat dalam penanggulangannya, yakni karena keterbatasan anggaran.

Komisi IV DPR RI yang menangani perihal kehutanan akan mengusulkan penambahan alokasi anggaran untuk penanggulangan dan pencegahan karhutlah tahun depan sebesar Rp3,5 triliun.

Ketua Komisi IV DPR RI Edhy Prabowo mengatakan, setelah mendapatkan paparan dari Gubernur Sumsel H Alex Noerdin tentang penanggulangan karhutlah dan kabut asap, dirinya mengakui memang tidak mudah melakukan seluruh upaya penanggulangan.

Namun inti dari kunjungan tim Komisi IV ke Bumi Sriwijaya adalah untuk pembahasan mengenai anggaran tahun depan, dan pihaknya mendorong Pemprov Sumsel untuk mengajukan apa-apa saja yang dibutuhkan untuk pencegahan karhutlah tahun depan.

“Tahun ini, alokasi anggaran APBN untuk kehutanan sebesar Rp6,2 triliun lebih. Dana tersebut masih sangat kurang dan alokasi pencegahan karhutlah pun hanya Rp200 miliar. Kalau penambahan Rp3,5 trilun yang kami usulkan diterima, maka alokasi naik menjadi sekira Rp9,8 triliun,” tuturnya usai kunjungan kerja di Griya Agung Palembang, Rabu (14/10).

Politisi Gerindra asal Sumsel ini berujar, alokasi anggaran tersebut akan dititikberatkan untuk mendanai pencegahan agar tahun depan, Indonesia khususnya Sumsel tak lagi mengalami gejala kabut asap akibat karhutlah.

“Ketok palu RAPBN 2016 ini pada 30 Oktober mendatang. Waktunya tinggal sedikit, mudah-mudah kenaikan menjadi Rp9,8 triliun itu disetujui. Meski dirasa masih kurang, namun dana sebesar ini bisa untuk pencegahan dan penanggulangan yang lebih baik lagi tahun depan,” sambungnya.

Namun saat ini, pihaknya mendukung langkah pemerintah untuk secepatnya melakukan penanggulangan karhutlah dengan pemadaman api agar kabut asap segera sirna.

Sebelumnya, Komisi IV telah menggeser alokasi anggaran kehutanan bidang pencegahan kebakaran dari Rp3 miliar Rp200 miliar. Dari dana tersebut sudah dianggarkan sebanyak Rp110 miliar sebagai pencegahan wilayah hutan khusus.#idz

x

Jangan Lewatkan

Pilgub Sumsel 2018, Posisi PDIP Dan Golkar Kuat

Palembang, BP Peneliti dari Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Kholil Pasaribu melihat pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumatera Selatan (Sumsel) tahun ...