Home / Headline / Selamatkan Peninggalan Kesultanan Palembang Darusalam

Selamatkan Peninggalan Kesultanan Palembang Darusalam

Palembang, BP
IMG-20151013-02861Peninggalan sejarah dan situs-situs Kesultanan Palembang Darusalam kondisinya sangat memprihatinkan. Selain telantar, juga sudah ada benda-benda peninggalan yang hilang.
Desakan tersebut dikemukakan salah satu penggagas berdirinya Persatuan Zuriat Palembang (PZP) R Irham Wijaya, SH.
“Menyangkut masalah aset, itu ada aset kuburan Kesultanan Palembang yang dibeli oleh orang Cina dan itu hilang. Aset yang seperti ini yang harus kita selamatkan, jadi tidak terjadi kehilangan yang kedua,” katanya kepada wartawan di  Masjid Darul Darul Mutttaqin, Jalan Dr M Isa, Pasar Kuto, Palembang, Selasa (13/10).

Menurut Irham, di Lr Petandan, Kelurahan 15 Ilir ada makam Kramat Jaya milik Kesultanan Palembang Darusalam. Makam itu dijual ke Cina dan sudah hilang karena dijadikan perumahan.
Pihaknya berharap dan meminta agar aset sejarah Kesultanan Palembang Darusalam di Palembang ke depan  tidak hilang lagi dan tidak dibawa keluar. DPRD Palembang harus mengajukan peraturan daerah tentang perlindungan peninggalan sejarah dan situs-situs Kesultanan Palembang Darusalam.
Selain itu PZP akan mengajukan ke Pemkot Kota Palembang agar kurikulum sejarah Kesultanan Palembang Darusalam masuk dalam muatan lokal di kota Palembang.
“Dengan sendirinya nanti ada yang membuat sirah Palembang, nanti kita susun bukunya dan kita ajukan ke Pemkot Palembang dan Diknas Palembang,” katanya.
Selain itu menurutnya bahasa Palembang lama yang minim sekali dipakai dalam pergaulan di kota Palembang,” kita minta nanti TV di palembang ada acara bebaso tadi. Isinya bahasa Palembang asli, itu program jangka menengah dan panjang tadi,” katanya.
Hal senada dikemukakan  Stering Comite  (SC) PZP, Kombes Pol Purn Drs H  Mgs Zainal Abidin SH MM  pelestarian budaya menjadi program utama PZP,” Soal aset kesultanan akan kita data dulu dan usulan kepada pemerintah harus di lindungi,” katanya
Dalam kesempatan tersebut Ketua panitia pelaksana deklarasi PZP Mgs H Syaiful Fadli ST didampingi Sekretaris Ir Kms Idham, pihaknya akan menggelar deklarasi Persatuan Zuriat Palembang (PZP), Rabu, di Masjid Darul Darul Mutttaqin, Jalan Dr M Isa  Pasar Kuto, Palembang.
PZP menurutnya berisikan orang-orang yang lintas golongan, lintas  partai dan sebagainya dimana filosopinya bersatu dan ingin mengembalikan harkat dan martabat ‘uwong’ Palembang,
“PZP tidak akan mengkotak kotakkan kelompok sultan tua atau muda kita ingin menyatukannya dan PZP juga akan melestarikan budaya Palembang, aset dan situs Palembang melalui peraturan di DPRD sehingga bisa terjaga,” katanya.
R Irham Wijaya, SH mengatakan PZP akan mempersatukan zuriat Palembang yang ada di Palembang dan luar Palembang yang hingga kini belum terdata.
“Dengan PZB ada titik temu dan kita ada unsur persaingan dengan  KKP dan Mangcek dan Bicik dan Bicek, harapan kita kami menambahkan jumlah zuriat Palembang yang selama ini terpencar pencar dan selama ini tidak terdata melalui pendaftaran melalui internet dan online atau door to door,” katanya.
Menurutnya, jumlah zuriat yang ada di Plembang bisa mencapai 400 ribu orang di luar anak cucu. “Harapan kita berhimpun berkumpul jadi satu kalau zuriat itu ada, hadirnya PZB ada data akurat dan kita ada unsur mitra pemerintah, kita berharap PZP bisa berkiprah dan siap membantu program kota Palembang,” katanya.
Pihaknya juga siap menampung aspirasi masyarakat Palembang.
Turut hadir tokoh penggagas PZP, HR A Roni Azhari, Zen, Umar Abdullah, SH, Husin, Mgs Rudi M Soleh, Ki Agus Lukman Hakim BA, K Hamdani, MSI.#osk

x

Jangan Lewatkan

Pembukaan Kegiatan SUPREME SMANTA 2017

Palembang, BP Suasana tertib dan penuh antusias menghiasi pembukaan kegiatan Sport Unity Precious Event and Most Eligible SMA Negeri 3 ...