Home / Sumsel / Potensi Pariwisata Sumsel Belum Dimaksimalkan

Potensi Pariwisata Sumsel Belum Dimaksimalkan

Palembang, BP
672848_01042403062015_fahlevi_maizanoBanyaknya potensi pariwisata di Provinsi Sumatera Selatan, khususnya wisata alam dan budaya, hingga saat ini dirasakan masih belum dapat dimaksimalkan dalam pengelolaannya.
Ketua Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumsel Fahlevi Maizano menilai, dengan potensi yang ada Sumsel dapat menjadi destinasi wisata. Namun dalam pengembangannya harus melibatkan pihak ketiga.
“Ada baiknya juga melibatkan pihak ketiga atau swasta dalam pengelolaan, tak hanya dari Dinas Pariwisata saja,” katanya, Selasa (13/10).
Menurutnya, pengelolaan yang maksimal tentu saja memerlukan pendanaan yang cukup  besar serta membutuhkan sarana dan membuat program yang harus melibatkan pihak swasta. Sebab, kedatangan wisatawan tidak hanya cukup alam dan natural saja. Pemerintah daerah tidak bisa langsung menerima hasil  begitu saja.
“Jadi, ada keterkaitan kultur, budaya, dan kegiatannya apa. Ini harus disiapkan, termasuk budaya yang dibentuk,” katanya.
Di Sumsel sendiri terdapat banyak potensi pariwisata, mulai dari Danau Ranau, Gunung Dempo, hingga Goa Putri. Tak hanya itu, Sumsel juga memiliki sejumlah pantai. Sebut saja Pantai Parai Tenggini, Pantai Matras, dan Pantai Pasir padi. Bukit Selero dan Rumah Limas juga menjadi ikon Sumsel. Dengan mencontoh Bali, yang wisatawannya bisa tahan satu minggu.
“Bagaimana menciptakan itu, karena multiefek cukup besar,” katanya.
Politisi PDIP itu menuturkan, kedatangan wisatawan makin banyak paling tidak mendorong minimal industri rumah tangga, di mana kedatangan wisatawan yang akan membawa oleh-oleh dan mencoba kuliner lokal. Dengan begitu, bisa membangkitkan industri-industri kecil lainnya seperti kerajinan tangan dan cenderamata.
“Tentu saja perkembangan ekonomi masyarakat juga meningkat apabila banyak wisatawan yang mengunjungi wisata di Sumsel ini,” katanya.#osk

x

Jangan Lewatkan

Lomba Roket Air Di SMANTA

Palembang, BP Pelaksanaan lomba roket air SMA Negeri 3 Unggulan Palembang (SMANTA) berjalan dengan lancar dan sukses, Sabtu (16/12). Ekstrakurikuler ...