Home / Headline / Nama-nama Mahasiswa Kuliah Gratis Segera Di-SK-kan

Nama-nama Mahasiswa Kuliah Gratis Segera Di-SK-kan

Palembang, BP
0510.01.Foto Kuliah Gratis.FerDinas Pendidikan Nasional Provinsi Sumatera Selatan pekan ini menunggu nama-nama calon mahasiswa yang berhak mendapatkan fasilitas kuliah gratis tahun 2015. Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Widodo mengatakan, setelah nama-nama calon mahasiswa diterima pihaknya akan dilakukan evaluasi dan selanjutnya diserahkan ke Gubernur Sumsel untuk dibuat surat keputusan (SK).
“Hitungan saya minimal beberapa minggu ke depan sudah di-SK-kan. Kemarin memang terlambat,” kata Wid usai rapat dengan Komisi V DPRD Sumsel, Senin (12/10).
Wid berharap target 2.000 calon mahasiswa penerima kuliah gratis bisa tercapai, namun sesuai dengan anggaran, kemampuan, dan kebutuhan Pemprov Sumsel sendiri.
“Sekolahnya bukan hanya UIN, Unsri, dan Polsri, di Korea juga ada, dan di sejumlah negara. Kuliah gratis ini anggarannya di luar anggaran Rp55 miliar untuk Diknas,” kata Wid sembari mengatakan kalau anggaran kuliah gratis Rp50 miliar.
Menurut Wid, program kuliah gratis ini sudah dirancang Pemprov sejak 2014. “Latar belakang dimunculkannya program ini yakni studi kebutuhan sumber daya manusia di Sumsel kini gencar membangun segala bidang.
“Untuk perguruan tinggi negeri di Sumsel pemerintah provinsi menjalin kerjasama dengan Universitas Sriwijaya, Universitas Islam Negeri Raden Fatah, dan Politeknik Sriwijaya. Satu perguruan tinggi negeri di Jakarta yakni Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Dari luar negeri bekerjasama dengan Jeonju University di Korea Selatan dan Nanjing Polytechnic Institute dari Tiongkok,” kata Widodo.
uliah gratis yang diterapkan Pemerintah Provinsi Sumsel menurut Widodo adalah program untuk meringankan beban orang tua atau wali dari kewajiban membayar biaya uang kuliah tunggal (UKT) yang ditentukan oleh pemerintah untuk program studi masing-masing perguruan tinggi.
Untuk pelaksanaannya Dinas Pendidikan Sumsel telah menetapkan 64 program studi pilihan untuk program kuliah gratis tersebut. Program kuliah gratis diberikan kepada mahasiswa yang memilih jurusan atau program studi diantaranya,administrasi bisnis, agribisnis, akuntansi, Bahasa Inggris, geologi, ilmu komunikasi, hukum, kelautan, jurnalistik, kesehatan masyarakat, manajemen, peternakan, teknik elektro, usaha perjalanan wisata, perhotelan dan teknik perminyakan.
Pada tahun akademik 2015-2016 sebanyak 2.000 orang mahasiswa akan dibantu dalam program ini dengan disebar ke beberapa perguruan tinggi di dalam dan dua perguran tinggi luar negeri.
Perguruan tinggi itu, Universitas Sriwijaya, UIN Raden Fatah, UIN Syarif Hidayatullah, Politeknik Sriwijaya, Universitas Negeri Jakarta, dan Universitas Nanjing (Tiongkok) dan Universitas Jeiju (Korea Selatan).
“Program ini merupakan kelanjutan dari program sekolah gratis, dan menjadi yang pertama di Indonesia. Semoga melalui program ini Sumsel tidak hanya unggul dalam pembangunan fisik tapi juga pembangunan SDM,” kata Widodo.#osk
x

Jangan Lewatkan

Sumsel Siaga Musim Hujan

Palembang, BP Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Selatan (Sumsel), gelar Rapat Koordinasi (Rakor) Siaga Banjir dan Tanah Longsor tahun ...