Home / Sumsel / Infrastruktur Asian Games, Pemprov Ajukan Dana Tambahan

Infrastruktur Asian Games, Pemprov Ajukan Dana Tambahan

Palembang, BP
Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan segera mengajukan tambahan dana kepada pemerintah pusat untuk pembangunan infrastruktur penunjang gelaran Asian Games 2018. Pemerintah pusat siap menggelontorkan dana lebih dari Rp20 triliun demi kelancaran pesta olahraga terbesar se-Asia ini.

Sekretaris Daerah Sumsel H Mukti Sulaiman mengatakan, dana dari pemerintah pusat diperlukan untuk membangun sarana prasarana venue yang ada di kawasan Jakabaring Spor City (JSC) serta infrastruktur pendukung lainnya di Kota Palembang.

“Tambahan dana infrastruktur ini kami ajukan berdasarkan permintaan bidang SKPD yang berkaitan masing-masing. Dalam waktu dekat, Gubernur akan menyerahkan usulan ini kepada Kementerian Pekerjaan Umum,” kata Mukti usai rapat persiapan Asian Games di Kantor Gubernur Sumsel, Senin (12/10).

Sejauh ini, beberapa persiapan pembangunan infrastruktur sudah direncanakan dengan target selesai sebelum gelara Asian Games. Seperti pembangunan jalan tol Palembang-Inderalaya (Palindera) dan Kayuagung-Palembang-Betung (Kapalbetung), pembangunan flyover dan Jembatan Musi IV serta VI, serta light rail transit (LRT).

Mukti menegaskan, Sumsel sebagai tuan rumah penyelenggara berusaha membawa dan menjaga nama baik Indonesia di mata internasional. Oleh karena itu, pihaknya sangat serius mempersiapkan pelaksanaan Asian Games agar dapat berlangsung sukses di Palembang.

“Bantuan pemerintah pusat diperlukan agar Sumsel lebih matang. Seluruh pembangunan akan menjadi prioritas mulai dari venue olahraga, jalan, jembatan, pasokan energi, hingga air bersih,” tambahnya.

Mukti menjelaskan, dalam pembangunan infrastruktur, Sumsel tak mungkin mengandalkan APBD yang hanya Rp6,5 triliun, sehingga bergantung pada kucuran dana dari pusat.

“Pada 2016, Pemprov Sumsel juga mencanangkan program infrastruktur namun pendanaannya tidak sampai separuh dari total APBD. Asian Games menjadi momentum Sumsel agar infrastruktur yang dibangun menggunakan APBN. Ini sangat diperlukan bagi perkembangan kemajuan daerah ke depan,” jelasnya.

Sebelumnya, Gubernur Sumsel H Alex Noerdin mengungkapkan, Sumsel akan menerima dana lebih dari Rp20 triliun yang akan digelontorkan dalam kurun waktu dua tahun untuk membangun berbagai infrastruktur.

“Tujuan utama digelarnya Asian Games sebenarnya adalah untuk membangun infrastruktur di Sumsel agar yang jauh lebih baik,” ujarnya.

Pihaknya akan menyelenggarakan pembangunan beberapa megaproyek secara bersamaan. Seperti Jembatan Musi IV dan VI, Light Rail Transit (LRT) atau kereta api ringan cepat, Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi Sumsel, jalan-jalan tol, 10 PLTU baru, water treatment plant, flyover, underpass, serta perluasan Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang.

“Dua jembatan yang melintasi Sungai Musi saja sudah memakan dana lebih dari Rp1,2 triliun. Untuk LRT dibutuhkan Rp7,2 triliun. Belum jalan-jalan tol, PLTU yang sangat besar dananya serta perluasan bandara. Dana pembangunan yang mengalir ke Sumsel sangat besar dan itu digelontorkan hanya dalam waktu dua tahun,” bebernya.

Gubernur mengajak seluruh pihak untuk mendukung pembangunan infrastruktur di Palembang berjalan lancar. Selain itu keberadaan infrastruktur juga demi memenuhi persyaratan agar kota Palembang layak menyelenggarakan Asian Games. #idz

x

Jangan Lewatkan

Dukungan Parpol Tidak Bisa Dicabut

Palembang, BP Terkait stetmen Ketua DPD Partai Hanura Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) H Mularis Djahri yang hendak mencabut dukungan pasangan ...