Home / Headline / 60 Tahun Terkikis Zaman, Tulisan Kuno Kembali Dihidupkan

60 Tahun Terkikis Zaman, Tulisan Kuno Kembali Dihidupkan

20151012_095401_resizedTULISAN kuno yang  dipakai untuk baca tulis oleh orang zaman baheula di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan hampir punah terkikis oleh zaman. Tulisan kuno yang dikenal masyarakat pada waktu itu sebagai tulisan huluan (tulisan sansekerta), hilang dari peradaban masyarakat OKUS.
Kini tulisan yang menjadi kekayaan warisan budaya ini akan diangkat kembali ke permukaan. Menurut salah satu pemuka adat dari Desa Gunung Tiga, Kecamatan Muaradua, Kabupaten OKUS, Zaini (70), hilangnya huruf kuno itu sejak tahun 1960 dikarenakan para kokolot atau pemuka adat tidak pernah mengenalkannya kepada generasi berikutnya.
“Huruf huluan (sansekerta) ini sudah lama hilang, karena tidak pernah digunakan lagi oleh masyarakat, walapun ada yang tahu itu pun orang yang sudah tua,” tuturnya, Senin (12/10).
Dikatakan Zaini, pentingnya pengenalan huruf tersebut di zaman sekarang sangat diperlukan karena masyarakat kekinian harus mengetahui kebudayaan Kabupaten OKUS di zaman baheula. Selaku pemuka adat yang masih mengenal huruf tersebut, ia  sangat mengharapkan Bupati OKUS merespon upaya untuk melestarikannya.
“Makanya di bawah pipimanan Pak Robby Kurniawan, Pemkab OKUS bersedia melestarikannya, bila perlu tulisan kuno ini kiranya dimasukkan dalam pelajaran, dimulai tingkat SD, SMP, dan SMA,” kata Zaini.
Terpisah Bupati OKUS Robby Kurniawan menyambut baik upaya pelastarian huruf tersebut, karena menurut dia apa pun bentuk budaya dan pariwisata yang menyangkut di lingkungan Kabupaten OKUS harus dilestarikan.
Bahkan menurut dia pelestarian budaya ini merupakan tujuan untuk pengenalan budaya untuk wisatawan dari luar maupun di dalam.
“Supaya masyarakat luar tahu, makanya kita kembangkan dan lestarikan untuk mencitrakan ini lho kebudayaan OKUS di zaman dulu,” timpalnya. #bob
x

Jangan Lewatkan

Cabuli Mahasiswi, Oknum PNS Divonis 6 Tahun

Palembang, BP–Terbukti melakukan persetubuhan, Viar Mediansyah (33) dijatuhi hukuman enam tahun penjara oleh majelis hakim dalam persidangan di Pengadilan Negeri ...