Home / Headline / Dubai Jajaki Bangun Pelabuhan di Tanjung Api-api

Dubai Jajaki Bangun Pelabuhan di Tanjung Api-api

Jakarta, BP
IMG_0869Pemerintah Dubai,  Timur Tengah tengah serius menjajaki penanaman investasi di Tanjung Api-Api dengan membangun pelabuhan.  Dubai  melalui perusahaan Jafza akan membentuk tim dan segera terbang ke Sumatera Selatan untuk melihat langsung potensi bisnis batubara. Hal itu disampaikan tim ekonomi dari Dubai kepada Gubernur Sumsel H Alex Noerdin dalam pertemuan di Jakarta, Senin (12/10).
“Pertemuan kedua ini mengalami kemajuan. Dalam waktu dekat tim dari Pemerintah Sumsel, tim ekonomi Jafza, dan Pemerintah Pusat akan mengadakan pertemuan lanjutan,” ujar Alex Noerdin di Gedung Ditjen Kelistrikan, Kuningan, Jakarta Selatan usai mempresentasikan potensi bisnis di Sumsel  bertajuk Tanjung Api-Api Integrated Development Plan.
Di hadapan Menteri ESDM Sudirman Said, Alwi Shihab, pejabat Kementerian Perhubungan, dan tim ekonomi Jafza, Alex Noerdin mengatakan, lokasi  Tanjung Api-Api sangat strategis, memiliki tambang batubara, sehingga diperlukan pelabuhan laut yang mampu menampung kapal besar pengangkut hasil bumi, terutama batubara. Pemerintah Sumsel, lanjut Alex, siap menyediakan apa pun yang diperlukan tim Jafza sepanjang masih dalam kewenangannya. Dan dia melihat Pemerintah Pusat mendukung  pembangunan  pelabuhan di Tanjung Api-api.
Alex menambahkan, soal keamanan di Provinsi Sumsel, khususnya Tanjung Api-Api sangat kondusif. Soal kabut asap yang sedang melanda wilayah Sumsel, Alex menilai pemberitaan di media massa terlalu berlebihan.
Sementara itu Menteri ESDM Sudirman Said dalam kata pengantar pertemuan tersebut mengaku salut melihat upaya Gubernur Alex Noerdin untuk membangun pelabuhan Tanjung Api-api yang sejak lama dirintisnya. “Saya berharap segera bentuk tim dari Pemprov Sumsel, Pemerintah Pusat, dan Tim Ekonomi Jafza. Tim selalu berkomunikasi serta mengoordinasikan untuk mengetahui sejauh mana perkembangannya. Dan jika ingin berkomunikasi  tidak perlu melalui surat resmi,” tegas Sudirman sembari meninggalkan ruangan pertemuan.
Jurubicara Tim Ekonomi Jafza mengatakan, pihaknya merasa lega setelah mendengarkan penjelasan Gubernur Alex Noerdin. Untuk itulah dalam waktu yang tidak terlalu lama, tim Jafza  segera ke Tanjung Api-Api. “Karena kabut asap masih menyelimuti Sumsel, kami menunggu situasi yang memungkinkan. Yang jelas, kami akan membawa tim lebih banyak dan lengkap melakukan survei ke Tanjung Api-api. Minimal tiga kali ke lokasi untuk mematangkan rencana proyek,” tegasnya.#duk
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Balar Sumsel Tindaklanjuti Temuan Batu Megalit di Empat Lawang

Palembang, BP Balai Arkelologi (Balar) provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) segera menindaklanjuti  penemuan banyak batu megalit di Kabupaten Lahat, Empat Lawang ...