Home / Headline / Sungai Musi Mendangkal

Sungai Musi Mendangkal

Palembang, BP

BP/MARDIANSYAH PEMBERSIHAN SAMPAH-Wali Kota Palembang Harnojoyo bersama dinas terkait dan warga melakukan pembersihan sampah dipinggiran sungai musi dalam keadaan air surut,Minggu (20/9)

BP/MARDIANSYAH
Walikota Palembang Harnojoyo bersama dinas terkait dan warga melakukan pembersihan sampah di pinggiran Sungai Musi dalam keadaan air surut.

Musim kemarau panjang menyebabkan ketinggian Sungai Musi berkurang 3,5 meter dari sebelumnya. Penyusutan permukaan air ini terlihat di sepanjang pesisir Sungai Musi, dermaga-dermaga tradisional yang biasanya tergenang air kini mengering hingga dasar pesisir.

Direktur Operasional Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Musi Palembang Andi Wijaya mengatakan, dampak menyusutnya Sungai Musi di Palembang berpengaruh terhadap penyaluran air bersih kepada seluruh pelanggan PDAM.

“Intake PDAM di Sungai Musi menyusut hingga 3,5 meter dari kedalaman yang sebenarnya,” katanya.

Kondisi ini mempersulit pasokan bahan baku air bersih untuk Kota Palembang yang menggunakan air dari Sungai Musi. Kemarau tahun ini cukup parah daripada tahun-tahun sebelumnya.

Andi mengungkapkan, Tirta Musi Palembang kekurangan produksi air bersih sebesar 400 liter per detik. Penyusutan terparah terjadi pada siang hari saat Sungai Musi memasuki siklus surut.

Pada siang hari, pompa Sungai Musi hanya bisa beroperasi satu jam saja. Selebihnya, harus menunggu kondisi Sungai Musi kembali pasang pada malam hari meski kenaikan tinggi tak seperti kondisi seperti sebelumnya.

Mengatasi hal itu, PDAM Tirta Musi mengoperasikan pompa air tambahan di malam hari atau saat sungai pasang. Namun saat ini ada beberapa pompa PDAM yang mengalami kerusakan akibat sering padamnya listrik sehingga membuat tegangan tak stabil.

“Listrik tidak stabil jadi penyebab utama kerusakan. Selain itu juga debit air yang kurang sehingga intake bermasalah,” jelasnya.

Diakui Andi, terkait seringnya laporan yang masuk karena pasokan air PDAM tak mengalir, hal itu karena pertumbuhan pelanggan yang pesat. Saat ini saja, pelanggan PDAM Tirta Musi mencapai 250.000 pelanggan. Namun kapasitas air tak mencukupi terutama bila harus mengalir selama 24 jam.

“Beberapa pelanggan terkena imbasnya jadi hanya mengalir selama 3-4 jam per hari. Kita upayakan pelayanan yang optimal kepada pelanggan,” tutupnya. #idz

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Kasus Korupsi Alkes RSUD OKUT Masuk Tahap Tuntutan

Palembang, BP–Penyidik Kejati Sumsel dan Kejari OKU Timur menyatakan penyidikan terhadap dr Dora Djunita Pohan, mantan Direktur RSUD OKU Timur, ...