Home / Headline / Pol PP Dilarang Cuti Saat Pilkada

Pol PP Dilarang Cuti Saat Pilkada

Palembang, BP
cahyo-kumoloSeluruh anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) dilarang mengambil cuti kerja saat pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (pilkada) serentak pada 9 Desember mendatang. Aturan ini diberlakukan untuk mendukung keamanan dan ketertiban daerah selama proses Pilkada serentak berlangsung.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan, dirinya berharap anggota Satpol PP bisa bersikap profesional dan netral untuk menjalankan tugas pengamanan agar seluruh daerah yang melaksanakan pilkada serentak tetap aman.

Bila terjadi kegiatan atau masalah saat bertugas atau di lapangan, Tjajyo minta Satpol PP segera melapor kepada pimpinannya atau berkoordinasi dengan pihak kepolisian.

“Ini berlaku sejak 7 hari sebelum hingga sesudah pelaksanaan pilkada serentak. Selaku aparat, tentu Sat Pol PP harus bersikap netral dalam menjalankan tugas, apabila ada kegiatan yang menonjol harap segera lapor supaya dapat segera diminimalisir,” katanya saat membuka Jambore Nasional Satpol PP yang dihelat di halaman venue Lapangan  Tembak Jakabaring Sport City (JSC), Jumat (9/10).

Politikus partai PDI Perjuangan ini menambahkan, anggota Satpol PP harus berperan secara aktif selama proses pilkada berlangsung berdasarkan tugas pokok dan
fungsi yang melekat pada Satpol PP.

Sesuai arahan dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Satpol PP juga akan bertugas mengamankan Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada tiap kecamatan.

Selain itu, dirinya menuturkan, agar seluruh kepada daerah dapat mengakomodir seluruh camat supaya menjaga kenetralan sebagai dukungan pilkada serentak dapat berjalan secara berintegritas. Karena menurutnya, peranan camat sangat strategis dalam mengawal proses pilkada ini.

“Jadi suskes tidaknya pelaksanaan pilkada serentak ini dimulai dari kecamatan, wilayah kecamatan menjadi titik terpenting yang harus diamankan. Manipulasi suara itu terjadi di kecamatan, karena itu para walikota dan Bupati harus mengingatkan netralitas Camat, jangan macam-macam karena manipulasi bisa jadi biang kerusuhan masyarakat,” tandasnya.

Kegiatan Jambore Nasional Satpol PP diikuti oleh ribuan peserta dari seluruh provinsi Indonesia, dihadiri oleh Gubernur Sumsel H Alex Noerdin dan Wakil Gubenrur Sumsel H Ishak Mekki beserta seluruh FKPD terkait.

Penyerahan bantuan peralatan huru-hara dari pemprov Sumsel yang diberikan kepada tujuh Kabupaten di Sumsel yang menggelar Pilkada serentak tahun ini. Bantuan tersebut diserahkan secara  simbolis oleh Wagub Ishak Mekki kepada masing-masing kepala daerah yang hadir. #idz

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Jalan Masuk Komplek Liverpool II Rusak dan Berlubang

    Palembang, BP . Kondisi jalan poros atau jalan masuk menuju Komplek Perumahan Liverpool II yang terletak di Jalan ...