Home / Pendidikan / 2016, Sumsel Targetkan UN Berbasis Komputer

2016, Sumsel Targetkan UN Berbasis Komputer

Palembang, BP
Dipastikan sekolah penyelengara ujian nasional (UN)  berbasis computer base test (CBT) di Provinsi Sumatera Selatan akan bertambah lebih banyak tahun depan. Dibandingkan dengan penyelenggaraan UN beberapa waktu lalu yang hanya diikuti delapan sekolah saja, UN tahun depan yang akan dipercepat pada bulan Februari, diikuti lebih banyak sekolah yang memilih UN CBT.
Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan Widodo mengatakan, guna memperbanyak sekolah pada saat ujian nasional mendatang menggunakan CBT, pihaknya sudah berkoordinasi dengan dinas pendidikan kabupaten/kota yang ada agar sekolah yang memiliki fasilitas yang memadahi khususnya dari sisi komputer agar UN tahun depan menggunakan CBT. Berdasarkan hasil UN tahun ini, yang lebih menunjukkan sekolah penyelengara UN sistem CBT lebih memiliki tingkat kejujuran yang lebih baik. Dinilai menjadi daya tarik bagi sekolah lainnya untuk ikut menyelenggarakan UN dengan sistem CBT awal tahun depan.
“Kami optimis, penyelengara UN CBT bakal lebih banyak, di mana kami mulai lihat animo dari beberapa sekolah sudah lebih bertambah. Terutama dengan sudah ditekankannya hasil UN  pada  kejujurannya,” katanya kepada BeritaPagi kemarin.
Ia juga menambahkan, pihaknya sudah melakukan sosialisasi UN CBT kepada semua sekolah yang ada, dan melihat dari hasil pelaksanan UN CBT kemarin. Semakin membuat sekolah akan lebih memilih UN CBT.
“Sekarang proses pendataan dan pendaftaran untuk ikut UN CBT tahun depan, dimana setiap sekolah yang ingin ikut UN CBT bisa mendaftar langsung via online di website Kemendikbud,” bebernya.
 Masih kata Widodo, bahwa untuk proses pendaftaran semuanya langsung diserahkan ke pusat dalam hal ini kemendikbud, pihak dinas provinsi hanya menyiapkan persiapan untuk verifikasi sekolah UN CBT.
“Semuanya sekolah sendiri yang daftar, kami dalam hal ini diknas pendidikan provinsi hanya mendata saja, apabila nanti ditentukan sekolah yang mana saja bakal terpilih untuk verifikasi. Sambung Bonny, untuk verifikasi dijadwalkan akan berlangsung pada bulan Oktober dan November mendatang,” jelasnya.
Menurutnya, sebenarnya sudah banyak sekolah yang memiliki sarana dan prasarana yang lengkap. Tinggal mental saja. Dengan adanya sekolah yang sudah menyelenggarakan UN CBT, insya Allah tahun depan pasti banyak yang mengikuti.
“Oleh karena itu kami optimis untuk  tahun depan akan banyak sekolah yang menyelenggarakan UN CBT,” tegasnya.
 Ke-8 SMK/SMA Palembang yang akan menggelar UN CBT yaitu SMKN 2, SMKN 3, SMKN 4, SMKN 5, SMKN 6, SMK Swakarya, SMA Xaverius 1, dan SMPN 1 Palembang.
Sebelumnya, Demi menjadi salah satu sekolah yang menjunjung tinggi kejujuran pada saat Ujian Nasional Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Palembang menargetkan pada pelaksanaan 2016 mendatang, akan menggunakan sistem CBT.
“Demi mewujudkan target tersebut pihaknya sedini mungkin mempersiapkan segala seauatunya seperti, sedang proses persiapan online lokal,” kata, kepala MAN 3 Palemban,  DR Ahmad Zainuri Mpdi.
Ia menjelaskan, sebagai sekolah madrasah unggulan pihaknya menjadi contoh bagi madrasah lain, termasuk dalam pelaksanaan UN-CBT yang ditunjuk Kementerian Agama.
“Persiapan yang dilakukan diantaranya, komputer termasuk perangkat lunak dan keras yang di persiapkan,”ujarnya.
Ia mengaku, pelaksanaan ujian sitem online bukan hanya akan di lakukan pada saat UN 2016 nantinya,  melainkan saat ini pihaknya akan melakukan uji coba secara lokal dalam pelaksanaan ujian sekolah.
“Rencananya ujian semester sekolah  pada akhir tahun nanti akan dilakukan secara online,”katanya.
Menurutnya, pelaksannaan UN CBT tingkat Madrasa, rencananya  akan dilakukan oleh MAN 3 dan MTs 2.
“Ini kami lakukan menyangkut masa depan anak dengan sistem online jangan sampai para siswa di rugikan,” bebernya.
Dengan UN CBTmengajarkan anak mandiri dan paham akan IT.  Sebab tak perlu repot membolak balik kertas cukup dengan soal yang tertera di layar komputer dan klik soal dan jawaban.
“Ini juga akan lebih transparan, sebab skor penilaian langsung bisa di ketahui secara jelas,” ujarnya.
Dengan sistem ujian online, pihaknya optimis akan mampu melaksanakan secara baik mengingat sat inidi sekolahnya sudah di siapkan 70 ribu KWH daya listrik dan 80 komputer.

“Lagi di usulkan ke Kementerian Agama RI untuk penambahan 300 unit komputer lagi sesuai instruksi saran pusat yang menunjuk MAN 3 sebagai Madrasah percontohan UN CBT nantinya,” pungkasnya. #adk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Tangkal Radikalisme dan Terorisme, FKPT Sumsel Gelar Literasi

Palembang, BP Berangkat dari upaya bentuk pencegahan tumbuhnya gerakan radikalisme dan terorisme di masyarakat Sumatera Selatan, Forum Koordinator Pencegahan Terorisme ...