Home / Sumsel / Tunggakan Listrik Sumsel, Jambi, Bengkulu Meningkat 20%

Tunggakan Listrik Sumsel, Jambi, Bengkulu Meningkat 20%

Palembang, BP
Tunggakan listrik yang terjadi diwilayah PT PLN WS2JB (Sumatera Selatan, Jambi, dan Bengkulu) meningkat 20 persen dibandingkan tahun 2014 lalu di periode yang sama.  Hal ini terjadi karena masih kurangnya kesadaran masyarakat untuk membayar tagihan listrik yang sudah dibatasi maksimal per tanggal 20.

Deputi Manager Hukum dan Humas PT PLN WS2JB, Lilik Hendro Purnomo, mengatakan,  penyebab terjadinya tunggakan yang sangat tinggi ini karena kerangnya kesadaran masyarakat. “Tunggakan sangat tinggi, sekitar Rp150 miliar, jumlah ini meningkat 20 persen dibanding tahun lalu di periode yang sama,” katanya.

Menurutnya, hal ini bisa juga disebabkan karena kondisi perekonomian yang sedang tidak menentu. Terutama para pelanggan yang mengandalkan komoditas perkebunan sawit dan karet. “Kebanyakan pembayaran per bulan per pelanggan itu tidak terlalu tinggi, ada yang Rp300 ribu per rumah tangga, banyak juga yang membayar di bawah Rp100 ribu, listrik ini sudah murah sekali namun kesadaran untuk membayar tepat waktu masih kurang,” katanya.

Dari jumlah tunggakan tersebut, Palembang merupakan kota yang paling mendominasi sekitar 40 persen. Hal ini menunjukkan jumlah penunggak sangat tinggi sekali. Banyak hal yang pihaknya lakukan untuk mengurangi adanya penunggakan. “Usaha yang kita lakukan adalah pertama melakukan penagihan ke pelanggan, melakukan pemutusan pada pelanggan yang menunggak, batas 3 bulan akan kami putus,” katanya.

Maka dari itu, pihak PLN menghimbau kepada masyarakat yang sudah menjadi pelanggan PLN untuk bermigrasi dari listrik pasca bayar ke listrik pra bayar. Sejauh ini, dari 2,6 juta pelanggan di WS2JB, baru 30 persennya yang menggunakan pra bayar.

“Kami juga meminta pelanggan untuk bermigrasi ke listrik pra bayar, tentunya jika ada tunggakan lunasi dulu baru migrasi ke listrik pra bayar, tujuannya untuk mengurangi tunggakan. Dengan pindahnya dari pasca bayar ke pra bayar akan menguntungkan pelanggan karena bisa mengatur dan menghemat pemakaian, serta tidak ada lagi tunggakan tagihan listrik,” katanya. #pit

x

Jangan Lewatkan

Driver Taksi Online Demo Bandara SMB II Palembang, Akhirnya Disepakati Point Kesepakatan

Palembang, BP Jalan masuk menuju bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang Jumat (19/1) sore macet total lantaran adanya aksi ...