Home / Headline / TNI dan Rakyat Bersatu Makin Kuat

TNI dan Rakyat Bersatu Makin Kuat

Palembang, BP

BP/MARDIANSYAH PEMERIKSAAN PASUKAN-Gubernur Sumsel H Alex Noerdin selaku pemimpin upacara melakukan pemeriksaan pasukan dengan mobil komando pada upacara peringatan HUT TNI ke-70 dipelataran Benteng Kuto Brsak Palembang,Senin (5/10)

BP/MARDIANSYAH
PEMERIKSAAN PASUKAN-Gubernur Sumsel H Alex Noerdin selaku inspektur upacara melakukan pemeriksaan pasukan dengan mobil komando pada upacara peringatan HUT TNI ke-70 di pelataran Benteng Kuto Besak Palembang,Senin (5/10)

Segenap prajurit TNI Kodam II/Sriwijaya melaksanakan upacara HUT TNI ke-70 TNI di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB), Palembang, Senin (5/10). Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin bertindak sebagai Inspektur Upacara. Dalam kesempatan ini, Gubernur Alex menyampaikan terima kasih kepada seluruh anggota TNI yang terus berjuang keras memadamkan kebakaran lahan dan hutan. “Hormat dan terima kasih kami kepada TNI dan Polri yang masih, sedang, dan tetap memadamkan api hingga saat ini,” ujar Gubernur.

Selaku Inspektur Upacara, Gubernur menyampaikan amanat Presiden RI Joko Widodo. Menurutnya, TNI adalah bagian dari rakyat sehingga jangan sampai menjaga jarak dengan warga.

Baca:  Heboh, Kirab Budaya Garuda Srioeidjaja 2016 di Palembang

“Selain itu, jangan sampai menyakiti rakyat, karena TNI berasal dari masyarakat. TNI akan semakin kuat bila menyatu dengan rakyat. Jagalah kemanunggalan TNI dengan rakyat sehingga Negara Kesatuan RI pun akan semakin kuat,” tegasnya.

“Sejarah mencatat TNI dilahirkan dari rahim rakyat. Panglima Besar Jenderal Sudirman menyatakan bahwa hubungan TNI dengan rakyat adalah ibarat ikan dan air. TNI sebagai ikan tidak akan bertahan hidup jika tidak berdampingan dengan rakyat selaku airnya,” lanjutnya.

“Saya terharu. Sekarang, saya mengingatkan kembali ada lebih dari 4.000 anggota TNI dan Polri yang terus berjuang memadamkan api untuk menghilangkan asap,” imbuhnya.

Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Purwadi Mukson mengatakan, kegiatan ini merupakan puncak HUT ke-70 TNI. Sebelumnya, pihaknya juga telah menggelar kegiatan dengan melibatkan masyarakat.

Baca:  Dukungan PBB Ke Balon Walikota Palembang Final Dan Tidak Bisa Di Gugat

Dirinya menjelaskan, Kodam II/Sriwijaya menampilkan sosio drama tentang perjuangan gerilya Panglima Besar Jenderal Sudirman saat Agresi Militer Belanda, karena ingin menyampaikan pesan pada generasi muda, TNI, dan masyarakat bahwa sosok kepemimpinan Sudirman dalam keadaan sakit tetap membela negara.

“Ke depan, TNI akan meningkatkan profesionalitas, juga semakin merekatkan diri kepada masyarakat. Kekuatan TNI adalah bersatunya TNI dengan rakyat. Tanpa rakyat, TNI tidak ada artinya,” ujarnya.

Puncak peringatan HUT ke-70 TNI mengangkat tema “Bersama Rakyat TNI Kuat, Hebat, Profesional, Siap Mewujudkan Indonesia yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian.”

Turut hadir dalam acara ini Kapolda Sumsel Irjen Pol Prof Iza Fadri, Walikota Palembang Harnojoyo dan tamu undangan lainnya. Upacara ini diikuti sekitar 1.617 personel yang terdiri dari satu satuan setara kompi (SSK), Kelompok Perwira Menengah (Pamen), satu SSK kelompok Perwira Pertama (Pama), dua Satuan Setingkat Pleton (SST) kelompok Wanita TNI, 1 SSK gabungan POM TNI AD, AL dan AU, dan satu satuan setara yonif (SSY) Yonif 200/Raider.

Baca:  Lanud SMH Palembang Ajak Ratusan Siswa Nyanyikan Lagu Indonesia Raya 3 Stanza

Kemudian pasukan dari Yonkav 5/Serbu, Yon Armed 15/76, Raiarhanudri 41/BS, Yonzipur 2/SG, Lanal dan Lanud Palembang masing-masing 1 SSK. Selain itu juga diikuti 1 SSK pasukan dari  Polri, barisan kelompok PNS Gabungan TNI, baik putra maupun putri masing-masing 1 SSK, serta SSK Gabungan dari PPM, FKPPI dan Menwa.

Usai upacara dilanjutkan pemberian penghargaan kepada prajurit TNI yang berprestasi dalam pengabdian. Selepas pelaksanaan upacara, sejumlah atraksi ditampilkan antara lain defile dari seluruh peserta upacara beserta kendaraan/alutsista. Tidak ketinggalan juga diramaikan defile abang tukang becak.

Acara diakhiri dengan pemotongan tumpeng oleh Gubernur Sumsel H Alex Noerdin,  Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Purwadi Mukson, Kapolda Sumsel Irjen Pol Iza Fadri yang diberikan kepada tiga prajurit TNI yang berprestasi.#osk

 

x

Jangan Lewatkan

Pembukaan Kegiatan SUPREME SMANTA 2017

Palembang, BP Suasana tertib dan penuh antusias menghiasi pembukaan kegiatan Sport Unity Precious Event and Most Eligible SMA Negeri 3 ...