Home / Headline / Sakit, Seorang Jemaah Belum Bisa Pulang

Sakit, Seorang Jemaah Belum Bisa Pulang

BP/ARRACHIM KLOTER PERTAMA TIBA  DIPALEMBANG-Jemaah Haji Kloter pertama Debarkasi Palembang 2015 tiba di Asramah Haji Jalan Tanjung Api api Palembang dan langsung disambut keluarga dengan tangis haru, Senin (5/10)

BP/ARRACHIM
KLOTER PERTAMA TIBA DIPALEMBANG-Jemaah Haji Kloter pertama Debarkasi Palembang 2015 tiba di Asramah Haji Jalan Tanjung Api api, Palembang dan langsung disambut keluarga dengan tangis haru, Senin (5/10)

SETELAH sempat tertunda hampir dua jam akibat padatnya aktivitas penerbangan di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi, sebanyak 446 jemaah haji kelompok terbang (kloter) I Debarkasi Palembang akhirnya tiba di Palembang, Senin (5/10) sekitar pukul 18.40.

Jemaah dibawa langsung ke Asrama Haji Palembang sekitar pukul 19.30 menggunakan shuttle bus yang disiapkan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Palembang.

Kasubag Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Selatan Saefudin mengatakan, sebenarnya ada 447 jemaah yang tergabung dalam kloter I. Namun, saat hendak terbang ke Indonesia, Insana Berhan Ismail jemaah asal Prabumulih terpaksa tidak pulang karena masih sakit.

“Jemaah tersebut harus dibawa ke rumah sakit di Jeddah untuk dirawat secara intensif dan belum bisa dipulangkan,” ujarnya, Senin malam.

Dia juga mengatakan, sembilan jemaah segera dilarikan ke Poliklinik Asrama Haji Palembang karena kondisi kesehatan yang menurun setibanya di Asrama Haji.

Sebelumnya PPIH Palembang telah mengimbau agar keluarga jemaah haji tidak berbondong-bondong untuk menjemput. Namun, tetap saja ribuan anggota keluarga jemaah memadati halaman depan Asrama Haji sebelum jemaah tiba.

Saefudin menambahkan, jemaah asal Sumsel yang meninggal di Tanah Suci berjumlah 11 orang, tiga asal Bangka Belitung, dan satu jemaah meninggal saat akan berangkat ke tanah suci.

Untuk hal lain yang menyangkut proses kepulangan, sudah sepenuhnya rampung. “Jemaah dipersilakan jika ingin langsung pulang bersama keluarga. Atau juga bisa menginap di Asrama Haji sambil menunggu keluarga yang menjemput,” katanya.

Menurutnya, urutan pemulangan jemaah tetap disesuaikan dengan waktu pemberangkatan sebanyak 14 kloter, masing-masing kloter berisi 450 orang termasuk petugas.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Sumsel Ahmad Nasuhi memberikan apresiasi dengan kekompakan kloter I asal Sumsel yang patuh selama berada di Tanah Suci.

Pihaknya juga mendukung dengan penambahan kuota haji pada 2016 yang dikembali seperti semula. “Ada penambahan kuota. Untuk Sumsel dikembalikan lagi menjadi 6.000 jemaah pada tahun mendatang,” katanya.

Sumardiyansyah, jemaah haji asal Prabumulih mengaku lega telah tiba di Sumsel. Meski dirinya telah selesai melaksanakan rukun Islam kelima tersebut, pria paruh baya ini pun berharap bisa kembali lagi ke Rumah Allah tersebut.

“Dengan banyaknya kejadian yang terjadi disana, kami bersyukur masih dilindungi dari marabahaya dan bisa kembali pulang dengan selamat dan sehat,” tandasnya.#dil

x

Jangan Lewatkan

Terjatuh Ditarik Korbannya, Begal Nyaris Tewas

Palembang, BP–Heri Dermawan (42) nyaris tewas setelah diamuk massa karena gagal kabur usai melakukan aksi begal di kawasan Monpera, Kamis ...