Home / Headline / Puing Aviastar Berserakan di Pohon

Puing Aviastar Berserakan di Pohon

Makassar, BP

Puing Diduga Kuat Pesawat Aviastar yang Hilang ditemukan di Desa Ulu Salu, Kecamatan Latimojong, Luwu.

Puing Diduga Kuat Pesawat Aviastar yang Hilang ditemukan di Desa Ulu Salu, Kecamatan Latimojong, Luwu.

Kapolda Sulselbar Irjen Pudji Hartanto mengaku telah menerima laporan dari jajarannya bahwa pesawat Aviastar telah ditemukan di Pegunungan Latimojong, Luwu. Dia juga sudah melaporkan ke Basarnas.

“Pesawat hancur dan korban ditemukan meninggal di Bukit Buntu Pajaja, Desa Ulu Salu, Kecamatan Latimojong, Kabupaten Luwu,” kata Pudji, Senin (5/10) malam.

Berdasarkan foto yang beredar, puing pesawat berserakan di pepohonan di Desa Ulu Salu, Kecamatan Latimojong, Luwu. Ada dua puing besar berwarna putih. Yang satu berukuran lebih besar dibanding yang lain. Juga ada ceceran puing berwarna putih.

Pudji menambahkan personel Polres Luwu telah berada di lokasi. Mereka termasuk tim pertama yang menemukan puing pesawat. “Malam ini (semalam-red) saya berangkat via jalur darat,” aku Pudji.

Kapolres Luwu, Sulselbar AKBP Alex Yudiswan menambahkan, hingga saat ini telah tiga jenazah yang ditemukan. Proses evakuasi akan dilakukan setelah medan lokasi jatuhnya pesawat diketahui. “Sampai saat ini baru tiga (jenazah yang ditemukan-red),” ujar AKBP Alex Yudiswan, semalam.

Basarnas juga memastikan pesawat Aviastar yang hilang kontak dalam perjalanan dari Masamba, Luwu Utara ke Makassar, telah ditemukan. Berdasarkan dari yang ikut dalam pencarian, tampak pepohonan di lokasi, Desa Ulu Salu, Kecamatan Latimojong, Luwu, tersibak.

Kepala Basarnas Marsekal Madya FHB Soelistyo menjelaskan, dirinya sudah melihat langsung temuan tim di lokasi. Dan, ia memastikan berdasarkan puing dan identifikasi, puing tersebut dipastikan merupakan pesawat Aviastar yang hilang kontak pada Jumat (2/10).

“Sudah confirm ditemukan. Ditemukan di Desa Ulusalu, Latimojong Luwu,” kata Soelistyo.

Soelistyo mengaku sudah menerima gambar serpihan pesawat yang mengangkut 7 orang penumpang dan 3 orang kru. Dia juga menghubungi personel SAR yang sudah sampai ke lokasi. “Sudah dicek, sudah dipastikan,”  imbuhnya.

Penemuan pesawat di Gunung Latimojong, Sulsel berasal dari Tim Polres Luwu. Tim itu mencari pesawat dari darat. “Info awal seperti itu (ditemukan di Gunung Latimojong). Informasinya dari Tim Polres Luwu,” ujar Komandan Pangkalan TNI AU Sultan Hasanuddin Marsekal Pertama Tamsil Gustari Malik.

Menurut Tamsil, Tim Polres Luwu terdiri dari polisi dan masyarakat setempat.
“Infonya baru itu saja (pesawat ditemukan), belum lengkap,” kata dia.

Pesawat Aviastar yang hilang dalam penerbangan dari Masamba, Luwu Utara ke Makassar diduga memotong rute penerbangan. Hal itu diungkapkan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan.

“Dugaannya memotong dari rute yang biasanya, yang ngomong itu pimpinannya Aviastar,” ujar Jonan di Bandara Hasanuddin Makassar, Senin kemarin.

Jonan telah memerintahkan penghentian semua penerbangan pesawat jenis Twin Otter yang beroperasi di dalam negeri. “Dalam seminggu kita periksa kalau layak nanti diizinkan terbang lagi,” ungkap Jonan.

Jonan menyebutkan Kementerian Perhubungan hari ini Selasa (6/10), mengirim satu pesawat King Air Kalibrasi 200 GT untuk membantu pencarian melalui udara.#edo/det

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

1.048 Bacaleg Daftar KPU Sumsel

Palembang, BP Sebanyak 1.048 nama bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) DPRD Sumsel periode 2019-2024, resmi mendaftar ke KPU setempat, hingga ...