Home / Bisnis / Pasarkan Pertalite di Enam SPBU Palembang

Pasarkan Pertalite di Enam SPBU Palembang

Palembang, BP
Pertamina memperluas uji pasar Pertalite serentak di lima provinsi Sumbagel. Di Palembang sendiri enam SPBU sejak Selasa (6/10) ini mulai memasarkan Pertalite dengan harga Rp8.500 per liter. Untuk tahap awal ini, Pertamina menyuplay sekitar 8000 liter per SPBU.

Retail Fuel Marketing Manager Pertamina Region II (Sumbagsel), Agus Taufik Harahap, mengatakan, untuk tahap awal ini Pertamina uji pasar Pertalite di enam SPBU Palembang, yakni SPBU Jalan AKBP Cek Agus Kenten, SPBU Jalan Veteran, SPBU Jalan Soekarno Hatta, SPBU Jalan R Soekamto, SPBU Jalan KH Wajid Hasyim,  dan SPBU Jalan Demang Lebar Daun.

“Suplay awal kita untuk di kota Palembang sekitar 65 ribu liter atau 8000 liter per SPBU, kecuali yang di Kenten ini sekitar 16.000 liter, kita akan melihat animo masyarakat, jika lebih tinggi maka suplay akan ditambah,” katanya usai launching Pertalite secara serentak di Sumbagsel, di SPBU Kenten, Selasa (6/10).

Harga Pertalite di Palembang, Jambi dan Lampung Rp8.500, sementara di Bangka Belitung (Babel) dan Bengkulu Rp8.300. Harga berbeda karena pengenaan PBBKB (Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor) yang juga berbeda. PBBKB di wilayah Babel dan Bengkulu 5 persen, sementara di Palembang, Jambi dan Lampung 7,5 persen.

Dengan hadirnya Pertalite akan menjadi pilihan bagi masyarakat, dan bisa mengurangi pengguna Premium sekitar 10 persen. Saat ini konsumsi Premium di Sumsel per harinya sekitar 2.200 KL (Kilo Liter). Sementara saat ini konsumsi Pertamax  50KL per hari, solar 500KL per hari, dan Pertamina Dax 10KL per hari.

Dikatakannya, pihaknya mendapatkan proyeksi 150 SBPU di Sumbagel yang menyediakan Pertalite hingga akhir tahun ini. Sementara saat ini sudah ada di 29 SPBU. Menurutnya, pihaknya optimis hingga akhir tahun akan tercapai. “SPBU yang ditetapkan menyediakan Pertalite yang suspensinya memiliki lebih dari tiga tanki, dan SPBU berada di jalur premium,” katanya.

Selain enam SPBU di Palembang yang menyediakan Pertalite, saat ini sudah ada tiga di Lampung, sembilan di Jambi, empat di Bengkulu dan tujuh di Bangka Belitung.

Pertalite memiliki keunggulan Research Octane Number (RON) 90, memiliki zat aditif yang bersifat detergency (pembersih). Adanya zat aditif ini memberikan efek kebersihan mesin yang lebih terjaga. Meskipun efek detergency yang lebih optimal bisa diperoleh konsumen dengan menggunakan pertamax series. Pertalite juga kandungan anti oksidan dan anti korosi serta pemisah air. Kandungan tersebut pada Pertalite akan menghambat proses korosi dan pembentukan deposit dalam mesin. #pit

x

Jangan Lewatkan

Dirut PT Bukit Asam Arviyan Arifin: Pabrik Pengolahan Gasifikasi Batubara Beroperasi 2022

Jakarta, BP–Direktur Utama PT Bukit Asam Tbk Arviyan Arifin, Direktur Utama  PT Pertamina (Persero) Elia massa Manik, Direktur Utama PT ...