Home / Sumsel / Bawaslu Sumsel Pastikan Pemilih Siluman di Mura Selesai

Bawaslu Sumsel Pastikan Pemilih Siluman di Mura Selesai

Palembang, BP
kurniawan-bawasluBadan Pengawas Pemilu Provinsi Sumatera Selatan memastikan, berdasar hasil pengawasan Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih/Panwaslu) masalah pemilih siluman untuk Kabupaten Musirawas sudah selesai.
“Bahwa KPU sudah melakukan penyaringan atau penghapusan terhadap pemilih yang tidak jelas atau siluman. Penyaringan oleh KPU dilakukan melalui 2 tahap, DP4-DPS sebanyak 33 ribu dan tahap 2 sebanyak 25 ribu. Jadi, jumlahnya 58 ribuan sudah tersaring atau dicoret karena tidak memenuhi syarat (TMS),” kata anggota Bawaslu Sumsel Kurniawan, Selasa (6/10).
Dijelaskan Kurniawan, pemilih TMS tersebut di antaranya pemilih ganda, pindah domisili, dan meninggal dunia.
“Jadi khusus pemilih di Mura sudah bersih dari pemilih tidak jelas atau siluman, tapi Panwaslih masih terus melakukan pencermatan, terhadap DPT (Daftar Pemilih Tetap) yang sudah ditetapkan untuk memastikan, kalau ada pemilih yang belum terdaftar untuk dimasukkan ke DPTb-1 dan sebaliknya, jika masih ditemukan pemilih TMS yang masih bercokol di DPT, kita akan menyarankan kepada KPU untuk dicoret,” katanya.
Meskipun begitu, pihaknya juga menyorotinya DPT yang telah ditetapkan KPU Muratara (Musi Rawas Utara). Pasalnya, pemilihnya bertambah sekitar 10 ribuan di banding Pemilu legislatif dan Pemilu Presiden 2014 lalu.
“Penambahan itu lebih dominan bertambah di Kecamatan Rupit dan juga tersebar di Kecamatan lainnya,” katanya.
Terkait penambahan ini, Kurniawan menegaskan penting juga dilakukan penelusuran penyebab terjadinya penambahan, apakah karena daerah otonom baru ada PNS dari daerah lain yang bertugas di Pemkab Muratara sudah ikut terdaftar di DPT, ataukah ada transmigrasi lokal atau banyak pekerja di Perusahaan yang ada di Muratara juga terdaftar di DPT.
“Makanya perlu dilakukan kuoordinasi dengan Pemda dan KPU setempat, untuk menelusuri secara administrasi penyebab penambahan pemilih itu. Karena dikwatirkan ada pemilih yang sudah terdaftar di DPT, ternyata belum memenuhi syarat sebagai pemilih. Misalnya, ada penduduk yang tinggal diwilayah itu lebih dari 6 bulan, tapi secara administrasi belum pindah dari daerah asal,” katanya. #osk

x

Jangan Lewatkan

Siap Mundur Jika 1 Tahun Jalan Di Banyuasin Tidak Mulus

Palembang,BP Anggota Komisi II DPRD Sumatera Selatan (Sumsel) yang juga bakal calon Bupati Banyuasin, Arkoni MD menegaskan, jika dirinya terpilih ...