Home / Sumsel / Antisipasi Akal-akalan Perusahaan Untuk PHK Karyawan

Antisipasi Akal-akalan Perusahaan Untuk PHK Karyawan

Palembang, BP
anggota-banleg-sumsel-rizal-kennedyMenyikapi perusahaan yang kerap lebih memilih langsung mem-PHK karyawannya, Komisi V DPRD Sumsel mengagendakan memanggil Kadisnakertrans Sumsel, Selasa (13/6).
“Selasa depan Komisi V akan panggil Kadisnakertrans Sumsel untuk meminta informasi soal PHK sepihak maupun PHK yang tidak prosedur. Karyawan yang merasa tidak dipenuhi haknya bisa menggugat. Tugas tim pengawas untuk mendampingi masyarakat, karyawan yang jadi korban. Jangan takut mengadu. Baik ke dewan maupun ke Kadisnakertrans,” kata anggota Komisi V DPRD Sumsel, H Rizal Kenedi, SH, MM, Selasa (6/10).
Diakui Rizal, melemahnya perekonomian di Tanah Air berdampak pada PHK (pemutusan hubungan kerja) oleh perusahaan-perusahaan terhadap pekerjanya.
“Perusahaan hendaknya melaksanakan kewajibannya dengan memenuhi hak-hak karyawan sesuai dengan UU No 13 Tahun 2003 mengenai Ketenagakerjaan. Perusahaan memang terkadang tidak langsung mem-PHK, tapi dengan akal-akalan memindahkan karyawan ke tempat yang tidak nyaman. Sehingga secara tidak langsung sang karyawan mengundurkan diri. Akan beda kompensasinya karyawan di-PHK dengan yang mengundurkan diri,” kata  Rizal.
Wakil Ketua DPW PPP Sumsel ini meminta agar Disnakertrans Sumsel mengevaluasi dan melakukan pengawasan akan dampak PHK di Sumsel.
“Artinya kalau ada perusahaan nakal modus seperti tadi itu, perizinan operasionalnya bisa dicabut. Perusahaan yang low activity dengan dampak perekonomian tidak mesti mem-PHK. akan tetapi bisa dengan merumahkan karyawan. Dengan tetap memenuhi hak normatif, biaya kesehatan, dan lain lain,” katanya.#osk

x

Jangan Lewatkan

Siap Mundur Jika 1 Tahun Jalan Di Banyuasin Tidak Mulus

Palembang,BP Anggota Komisi II DPRD Sumatera Selatan (Sumsel) yang juga bakal calon Bupati Banyuasin, Arkoni MD menegaskan, jika dirinya terpilih ...