Home / Sumsel / Pagaralam / 5,5Ha Kebun Karet Hangus Terbakar

5,5Ha Kebun Karet Hangus Terbakar

Pagaralam, BP
Sedikitnya seluas 5,5 hektar (ha) perkebunan karet  milik warga di Dusun Mingkik, Kelurahan Atung Bungsu, Kecamatan Dempo Selatan, ludes terbakar dilahap si jago merah, kemarin malam.

Api dengan cepat menjalar ke seluruh penjuru perkebunan membuat warga sekitar sangat kewalahan. Hingga akhirnya bantuan petugas Pemadam Bahaya Kebakaran (PBK) dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pagaralam datang untuk segera melakukan pemadaman api.

Petugas PBK berjibaku di tengah malam dengan menggunakan mobil Damkar, menyusuri lahan perkebunan karet melakukan upaya pemadaman api. Besarnya kobaran api membuat para petugas PBK sulit untuk menjinakkan api yang telah menjalar dan merambat ke perkebunan karet milik warga lainnya.

Berselang 4 jam kemudian petugas PBK yang dibantu anggota TNI, aparat Kepolisian Sektor (Polsek) Dempo Selatan, pihak kecamatan dan warga, berhasil memadamkan api, sehingga tidak sempat merambah perkebunan lagi.
Camat Dempo Selatan, Yusman Sohar menerangkan, kejadian kebakaran lahan kebun karet milik warga tinggal di Dusun Mingkik, Kelurahan Atung Bungsu, diketahui dari adanya laporan masyarakat menyatakan jika ada kebakaran yang menghanguskan hektaran kebun pala.

“Pada pukul 20.00  kita mendapatkan telepon dari salah seorang warga Dusun Mingkik, jika di wilayah ini ada areal lahan perkebunan karet milik warga terbakar. Menerima kabar ini, kita secepat mungkin meminta bantuan BPBD Kota Pagaralam untuk melakukan pemadaman api,” ujar Yusman.

Dikatakan Yusman, berdasarkan hasil pendataan yang dilakukan petugas, lahan kebun karet yang hangus terbakar ini milik Tok 2 ha, Sangkut 2 ha, Salam 1 ha dan Rangga 0,5 ha, semuanya merupakan perkebunan pala.

“Lahan perkebunan karet terbakar ini milik saudara Tok 2 ha, Sangkut 2 ha, Salam 1 ha, dan Rangga 0,5 ha. Semuanya merupakan pemilik lahan. Secara lisan kejadian ini sudah kita laporkan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Pagaralam. Untuk laporan tertulis akan kita serahkan hari ini Senin (4/10),” jelasnya.

Terpisah, Kepala BPBD Kota Pagaralam, Herawadi  didampingi kasi Logistik Kusmi Effendi mengatakan, untuk memadamkan api membakar lahan perkebunan karet ini pihaknya menurunkan belasan petugas PBK, berikut dua unit mobil Damkar dengan peralatan lengkap.
#dar

x

Jangan Lewatkan

Jembatan Endikat Jebol, Pagaralam Terancam Terisolir

Pagaralam, BP — Jembatan Endikat yang terletak di Jalan Negara tepatnya di perbatasan Kabupaten Lahat dengan Kota Pagaralam terancam jebol. ...