Home / Sumsel / Muaraenim / Jadi Temuan BPK, Monas Pemkab Dihibahkan

Jadi Temuan BPK, Monas Pemkab Dihibahkan

Muaraenim, BP
Picture 5808Sekitar 12 unit mobil dinas (mobnas) milik Pemkab Muaraenim yang selama ini dipinjampakaikan kepada organisasi kemasyarakatan terpaksa ditarik kembali. Soalnya hasil audit investigasi  yang dilakukan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) tahun anggaran 2014, status pinjam pakai mobnas tersebut telah menjadi temuan dan tidak diperbolehkan.
                “Mobil ini kami kembalikan ke Pemda, karena selama ini statusnya pinjam pakai. Setelah dikembalikan, mobil ini nantinya diserahkan kembali ke kami dengan status hibah,” jelas Ketua DPD Muhammadiyah Muaraenim Sarban Sarjono, Senin (5/10), saat ditemui di kantor BPKAD Muaraenim ketika mengembalikan mobnas jenis Daihatsu Luxio yang dipakainya, Senin (5/10).
                 Sementara itu, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah (BPKAD) Muaraenim Armeli Mendri ketika dikonfirmasi membenarkan sekitar 12 unit  mobnas yang dipinjampakaian kepada organisasi kemasyarakatan itu ditarik kembali.
                 “Penarikan mobnas yang kita lakukan menindaklanjuti rekomendasi hasil audit BPK RI. Mobnas yang statusnya pinjam pakai itu menjadi temuan dan tidak diperbolehkan. Karena mereka bukan lembaga pemerintah,” jelas Armeli yang dihubungi melalui ponselnya, Senin (5/10).
                Menurutnya, mobnas tersebut tidak boleh dipinjampakaikan di luar pemerintah. Lantas, lanjutnya, pihaknya menindak lanjuti rekomendasi BPK RI itu dengan menarik mobnas tersebut dan membuat berita acara hibah kepada mereka. “Jadi mobnas itu statusnya bukan lagi dipinjampakaikan, tetapi dihibahkan kepada mereka dan mobil menjadi hak mereka,” jelasnya.
              “Proses berita acara hibahnya langsung kita lakukan tadi, dan mobnas itu telah dikembalikan lagi kepada mereka. Karena kalau rekomendasi BPK RI ini kita tidak lanjuti, maka pada saat mereka melakukan audit tahun depan akan menjadi temuan lagi,’ jelasnya. #nur
x

Jangan Lewatkan

Bank Indonesia Lirik Kopi Semende

Muaraenim, BP—Bagi masyarakat Sumatera Selatan sebutan kopi Semende sudah tidak asing lagi karena kepopulerannya nyaris menyampai pempek Palembang yang telah ...