Home / Pendidikan / Siapkan Guru SMK Produktif

Siapkan Guru SMK Produktif

Palembang, BP

Dinas Pendidikan (Disdik) provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menyediakan beasiswa bagi ratusan lulusan SMK untuk melanjutkan kuliah di berbagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ada di Indonesia seperti Univertsitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

“Hal ini dimaksudkan untuk mengisi kekurangan guru produktif di SMK,” ujar Kepala Bidang (Kabid) Dikmenti Disdik Sumsel Drs H Bonny Safrian, Med, didampingi Kasi SMK dan Perguruan Tinggi Bidang Dikmenti Disdik Sumsel Erlina, Sabtu (3/10).

Ia menjelaskan, program beasiswa kemitraan ini sudah berlangsung sejak 2010. Bahkan mahasiswa penerima beasiswa ini tidak hanya menerima bantuan biaya pendidikan saja melainkan biaya hidup.

“Program ini juga berlanjut pada Program Kuliah Gratis 2015,” ujarnya.

Masih kata Erlina, keberadaan SMK didirikan untuk mengisi tenaga teknik dan jadi guru produktif. Guna mewujudkan target tersebut sebanyak 200 siswa SMK sudah menerima beasiswa untuk dikuliahkan jadi guru di PTN luar Sumsel.

“Diharapkan mereka bisa mengisi kekosongan guru produktif,” harapnya.

Pihaknya mencatat, yang berkuliah di UPI sejak 2010 – 2014 ada 95 orang. Terdiri dari program studi Teknik Mesin (Otomotif), Informatika, Teknik Elektro, Akuntansi, dan Ilmu Komputer.

 

“Mereka yang dikirim ke UNY sejak 2010 – 2014 ada 95 orang, dengan 14 program studi, termasuk diantaranya Ilmu Seni Kerajinan,” bebernya.

Selain hal tersebut, Disdik Sumsel juga menyediakan program santri jadi dokter, pihaknya tidak hanya menyediakan beasiswa Ilmu Pendidikan Dokter, tapi juga Kesehatan Masyarakat, Ilmu Keperawatan, dan Farmasi.

“Sejak 2009 hingga 2014 tercatat sudah 97 orang yang menerima program ini,” katanya.

Lanjutnya, dengan program guru SMK seperti ini bisa membuka peluang besar bagi lulusan SMK untuk berkembang menjadi guru dan berbagi ilmu.

“Serapan industri bagi para lulusan SMK belum terdata lengkap lantaran laporan sekolah tidak tertib,” pungkasnya.

Oadk

x

Jangan Lewatkan

Lagi, Diksar Mahasiswa Memakan Korban

Palembang, BP– Musibah meninggalnya mahasiswa di Palembang akibat mengikuti Pendidikan Dasar (Diksar) kembali terjadi. Kali ini, menimpa Haris Faudy mahasiswa ...