Home / Headline / Pramuka Bangun Karakter Bangsa

Pramuka Bangun Karakter Bangsa

Muratara, BP

_NNA7215Penggalakan kembali kegiatan Gerakan Pramuka di Sumatera Selatan adalah bentuk keprihatinan bersama seluruh elemen dengan menurunnya karakter kebangsaan dalam diri generasi muda. Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Sumsel H Mukti Sulaiman mengatakan, pendidikan pembangunan karakter bagi generasi muda dinilai lebih penting daripada pendidikan formal. Terutama bagi kelangsungan berkehidupan generasi muda saat menginjakkan kaki di kehidupan bermasyarakat.

“Gerakan Pramuka adalah suatu organisasi yang selalu membina dan meletakkan dasar-dasar kebersamaan kepada anggotanya sejak dini. Selain rasa kebersamaan, anggota pramuka juga memiliki rasa gotong-royong yang tinggi dan mandiri,” katanya saat mengukuhkan Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) masa bakti 2015-2020 di Kantor DPRD Muara Rupit, Jumat (2/10).

Mukti menjelaskan, gerakan Pramuka merupakan organisasi yang kuat karena dibentuk berdasarkan undang-undang  dan diselenggarakan atas pengawasan dan pembinaan pemerintah. Pramuka pun dapat dijadikan wadah pembinaan khususnya bagi generasi muda yang dilandasi iman dan takwa, untuk selalu tanggap dengan masalah yang ada ditengah-tengah masyarakat.

Pada tahun 2035, Mukti menjelaskan, diperkirakan akan terjadi ledakan penduduk berusia muda dimana penduduk berusia masa sekolahan diperkirakan mencapai 70 persen dari seluruh total populasi. Dirinya khawatir di tengah kondisi banyaknya mental pemuda saat ini yang cenderung uring-uringan akan semakin banyak penyimpangan. Karena itu, gerakan Pramuka seharusnya bisa menjadi solusi bagi perbaikan mental dan psikologis mereka.

”Pendidikan karakter seperti gerakan Pramuka jangan lagi diabaikan karena sudah menjadi materi pendidikan yang tak penting untuk diajari kepada generasi muda selanjutnya. Belajar pramuka bisa menghindari para anggotanya untuk berbuat tercela dan merugikan. Seperti geng motor, narkoba ataupun perbuatan yang berseberangan dengan nilai-nilai kepribadian bangsa,” ujar pria yang juga menjabat sebagai Sekretaris Daerah Sumsel ini.

Dalam kesempatan itu, Mukti melantik Pj Bupati Muratara H Agus Yudiantoro selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka Muratara serta 37 anggota Mabicab Muaratara lainya.

Agus berjanji bahwa pihaknya siap memajukan gerakan Pramuka di daerahnya, diantaranya dengan melakukan konsolidasi dengan pengurus untuk mempersiapkan kegiatan kepramukaan di wilayahnya seperti jambore dan sebagainya. Dengan terbentuknya Mabicab dan Kwarcab Gerakan Pramuka Muratara, dirinya berharap dapat menjadi pemicu percepatan pembangunan di Muratara. #idz

 

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Prabowo: Rakyat Mendambakan Pemimpin Yang Setia Kepada Rakyat

Palembang, BP Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto masih menanti hasil Pilkada 2018, untuk menjadi acuan dirinya menghadapi Pemilihan Umum ...