Home / Sumsel / Kemarau Panjang, Kejuaraan Kanu Internasional Tetap Dihelat

Kemarau Panjang, Kejuaraan Kanu Internasional Tetap Dihelat

Palembang, BP

Kendati kemarau panjang telah melanda sejak Mei lalu, pihak penyelenggara akan menyiapkan pompa air bila debit air di danau berkurang. Ketua Panitia International Canoe Championship 2015 Drs H Akhmad Najib mengatakan, pihaknya cukup mengkhawatirkan masa kemarau yang cukup panjang tahun ini.

 

Pihaknya pun sudah melakukan optimalisasi untuk mengantisipasi berkurangnya debit air. “Dinas PU Pengairan Sumsel yang nantinya akan menyediakan pompa. Pompa air akan disiapkan di sekitar danau kalau nanti debit air kurang saat pelaksanaan,” katanya.

Pengurus Besar Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PB PODSI) pun telah mengecek dan survei langsung ke lokasi Danau Jakabaring yang akan menjadi tempat pelaksanaan. Najib mengatakan, PB PODSI telah menyetujui dan menanggapi positif, even tersebut berlangsung di Sumsel.

ICC akan diikuti oleh 300 atlet dayung dari 22 negara dari seluruh Asia. Sebanyak 14 negara, di antaranya sudah memastikan hadir pada gelaran nanti. Beberapa negara yang telah mengonfirmasi kehadiran yakni Khazakstan, Usbekistan, Pakistan, Iran, Hongkong, Malaysia, Singapura, Korea Utara, Turkmenistan, dan tuan rumah Indonesia.

“Satu negara rata-rata mengirim lebih dari 20 atlet. Tapi ada yang lebih juga seperti Iran yang mengirimkan 78 atlet, Turkmenistan 80 membawa atlet, dan Korea Utara memboyong 38 atlet. Semuanya akan diinapkan di Wisma Atlet,” lanjutnya.

Berbagai macam cabang olahraga mendayung akan dilombakan. Seperti kayak, kano, dan dragon boat. Ia mengungkapkan, semua negara pasti akan terlibat dan datang ke Sumsel untuk ikuti even tersebut. Sebab gelaran ICC ini merupakan untuk kualifikasi masuk ke dalam pra olimpiade.

 

Najib mengatakan, pada 25 Oktober 2015, para peserta akan mulai berdatangan ke Sumsel untuk melakukan persiapan dan pelatihan dari negaranya masing-masing. Terkait alokasi dana untuk even, lanjut Najib, pihaknya mengalokasikan dari dana APBD Sumsel dan didukung fasilitas dari PB PODSI Pusat.

“KONI dan Dispora mengalokasikan dana masing-masing Rp5 miliar,  totalnya Rp10 miliar. Namun sebenarnya kita butuh Rp12 miliar. Karena ada efisiensi, jadi kita maksimalkan dananya,” jelasnya. Even tersebut membutuhkan luas danau sekitar 2.000 meter. Saat ini, Pemprov Sumsel tengah mengerjakan perluasan danau Jakabaring.

Gubernur Sumsel H Alex Noerdin memastikan International Canoe Championship 2015 akan tetap berlangsung. Meskipun saat ini kondisi Sumsel masih diselimuti kabut asap, namun Alex optimis mendekati hari pelaksanaan, asap akan menipis. “Besar harapan kita. Dan kita memang yakin, asap akan tipis saat itu. Kita juga berupaya cepat ditanggulangi kebakaran lahan dan hutan,” tandas Alex. #idz

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Blue Print Pembangunan Kota Palembang Tidak Jelas Dan Selalu Berubah

Palembang, BP Blue Print pembangunan kota Palembang hingga kini tidak jelas mau di bawa kemana oleh Walikota Palembang, malahan selalu ...