Home / Headline / 4.500 Unit Rumah Untuk PNS Palembang

4.500 Unit Rumah Untuk PNS Palembang

Palembang, BP

0310.13.Heriadi BegawanReal Estate Indonesia (REI) Sumatera Selatan siap membangun 4.500 rumah murah untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kota Palembang. Dengan uang muka 1%, PNS diberikan fasilitas bunga kredit 5% dari harga rumah Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

 

“Untuk PNS di Kota Palembang potensinya ada 4.500 unit, jika semua PNS mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) kami siap membangunnya di dalam Kota Palembang, dan lahan masih cukup memungkinkan,” kata Ketua DPD REI Sumsel Heriadi Begawan, Jumat (2/10).

 

Menurut dia, KPR untuk PNS ini sudah ada MoU dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dikhususkan bagi PNS yang belum memiliki rumah. Pihaknya sendiri di Kota Palembang sudah menyiapkan lebih dari 100 pengembang.

 

“Untuk wilayah mana yang dikhususkan dibangun belum ada, jadi hingga kini PNS bebas memilih pengembang mana yang diinginkan. REI sendiri menyediakan 170 pengembang di Sumsel dan sekitar 100 pengembang membangun perumahan di Palembang,” katanya.

 

Untuk rumah yang sudah dibangun terhadap program 1 juta rumah, saat ini dikatakan sudah dibangun lebih dari 5.000 unit di Sumsel. Sementara di Sumsel kebutuhan rumah mencapai 22.000. Untuk lebih menyosialisasikan program pihaknya sudah kerja sama dengan Pemkab Banyuasin.

“Untuk PNS di Kota Palembang sedang menunggu proses MoU, dan jika 4.500 PNS di Kota Palembang semua ambil KPR, kami sudah siapkan untuk proses pembangunan,” katanya.

 

Sementara itu, Kepala BTN Cabang Palembang M Adrian Syahbandi mengatakan, khusus untuk PNS pihaknya memberikan fasilitas kemudahan dan keuntungan. Seperti uang muka 1%, bunga kredit 5% dan termasuk juga bantuan tabungan perumahan Rp4 juta serta bantuan uang muka paling sedikit Rp1,5 juta sesuai golongan.

 

“Selain uang muka 1% dengan suku bunga kredit 5%, pemerintah memberikan bantuan uang muka dan bantuan tabungan perumahan dengan total paling sedikit Rp5,5 juta, ” katanya.

Untuk syarat pengajuan sendiri, menurut dia, PNS harus memenuhi syarat pemberian kredit. Pendapatan yang diperoleh harus sesuai dengan kemampuan bayar. Untuk limit pendapatan maksimal Rp4,5 juta, dengan acuan pendekatan 1/3 dari pendapatan dapat membayar angsuran.

 

Untuk investasi yang dipersiapkan program 1 juta rumah ini, menurut dia, tidak ada batasanya. BTN sendiri sudah menggelontorkan pembiayaan sekitar 4.000 unit rumah di Sumsel atau sekitar Rp400 miliar. “Untuk mendorong program pemerintah ini, kami sudah siap, artinya tidak ada limit pembiayaan yang dipatok,” tutur dia. #ren

 

Fasilitas pengajuan KPR untuk PNS :

– Uang muka 1%

– Suku Bunga Kredit 5%

– Bantuan uang muka Rp1,5 juta hingga Rp1,8 juta

– Bantuan tabungan perumahan Rp4 juta.

– Masa tenor hingga 20 tahun

 

 

 

 

 

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

ESP : Sarimuda-Rozak Berkompeten Bangkitkan Palembang

Palembang, BP Palembang-Kota Palembang di zaman Walikota Eddy Santana Putra (ESP) dua periode 2003-2013 merupakan masa emas. Dimana kala itu ...