Home / Sumsel / Musi Banyuasin / Lahan Kosong Dekat Kompleks Perumahan Terbakar

Lahan Kosong Dekat Kompleks Perumahan Terbakar

Sekayu, BP

Cuaca  panas memicu munculnya api hingga menghanguskan empat hektar lahan rawa-rawa  kering di sekitar Perumnas Sekakyu. Kebakaran lahan rawa yang berada persis di pinggir jalan perumnas tersebut nyaris membakar  puluhan rumah di sekitarnya.

 Berdasarkan pantauan di lapangan, timbulnya api diduga karena teriknya matahari serta cuaca panas sekitar pukul 12.30 mengakibatkan lahan yang semula rawa itu  kering  terbakar. Dipicu derasnya angin serta pohon maupun semak belukar yang kering membuat laju api cepat membesar. Saksi mata menyebut dalam hitungan menit api nyaris mengepung puluhan rumah yang berada beberapa meter dari lokasi kebarakan.

Sedangkan sejumlah warga yang tinggal di lokasi kebakaran berada dipinggir jalan perumnas sibuk melihat.  Di sisi lain  sejumlah warga yang mengetahui api akan mendekat pemukiman, saling bahu-membahu memadamkan api. Dan selang 30 menit kemudian mobil Pemadam Kebakaran (PBK) sebanyak 3 unit terjun memadamkan api.

“Kita tidak tahu api berasal dari mana, mungkin karena cuaca panas dan memang lahan semulainya apabila musim penghujan jadi rawa. Tapi karena musim kemarau mengalami kekeringan, sehingga dengan muda terbakar,” ungkap Ibu Syamsiah, yang kediamannya nyaris terbakar, kemarin (1/10).

 Diceritakannya, semula api itu kecil tapi karena derasnya angin serta semak belukar yang ada dekat rawa mengalami kekeringan, dengan mudah dilalap sijago merah. “Api cepat sekali, makanya dibantu warga melakukan pemadaman dengan air seadanya, karena ditakutkan api menyambar rumah,” katanya.

Sementara itu, Camat Sekayu Taisir Gunawan ketika berada dilokasi, mengatakan, api belum diketahui berasal dari mana yang jelas bukan karena dibakar. “Mungkin saja karena kondisi teriknya serta cuaca panas mengakibatkan timbulnya titik api,” kata dia.

 “Kita sudah menghubungi pihak PBK, Polsek, dan Koramil untuk membantu memadamkan. Karena lokasi kebakaran dekat pemukiman,” pungkasnya. #arf

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Warga Muba Urunan Perbaiki Jalan Negara dan Provinsi yang Rusak

Bayung Lencir, BP–Kondisi jalan negara yakni di KM 204 Jalan Palembang-Jambi yang rusak parah akhirnya disikapi secara mandiri oleh warga ...