Home / Headline / Gubernur Imbau Pemko Palembang Berbenah

Gubernur Imbau Pemko Palembang Berbenah

#Buat Kawasan Wisata 24 Jam

Palembang, BP
0110.14.06.ren

BP/RENO MACET - Jalan Sudirman menuju Jembatan Ampera padat merayap, penumpukan kendaran terjadi di depan Masjid Agung, pelanggaran pengendara menerobos pembatas membuat arus jalan tersendat.

BP/RENO
MACET – Jalan Sudirman menuju Jembatan Ampera padat merayap, penumpukan kendaran terjadi di depan Masjid Agung, pelanggaran pengendara menerobos pembatas membuat arus jalan tersendat.

Kondisi Kota Palembang saat ini masih belum bisa disebut rapi, bersih, aman, dan nyaman. Namun Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin tidak mau hal tersebut dipertahankan hingga Palembang menjadi tuan rumah Asian Games pada 2018 mendatang.

Dirinya meminta jalan-jalan protokol di Palembang seperti Jalan Sudirman, Veteran, dan lainnya saat ini gelap gulita pada malam hari. Sepanjang Sudirman dan Veteran, banyak pertokoan yang sangat hidup pada siang hari. Namun kebanyakan toko-toko tersebut tutup pada malam hari dan tidak memiliki lampu penerangan.
“Pemko harus menjadikan Palembang terang benderang. Jadi, semua toko, jalan-jalan dan sebagainya pakai lampu LED semua. Semua toko harus pasang lampu meski tutup malam hari. Lampu harus tetap menyala,” tegasnya pada Rapat Persiapan Asian Games, Selasa (29/9) malam.

Gubernur pun menginstruksikan agar Pemko membuat satu kawasan khusus yang berisikan kafe dan restoran yang beroperasi selama 24 jam. Selain harus terang, kawasan tersebut pun harus bersih, nyaman, aman, dan lingkungannya ramah bagi wisatawan.

Alex pun menyarankan agar konsep tata kota Palembang tidak perlu meniru mentah-mentah konsep modern kota lain. Yang penting Palembang memiliki infrastruktur yang lengkap dan harus terang benderang.

“Kita (Palembang-red) cukup indah. Kawasan Sungai Musi kalau ditata akan menjadi cantik luar biasa. Kita tidak usah khawatir dengan Ashgabat, Turkmenistan, dan Incheonnya Korea Selatan. Palembang sangat bisa menyaingi keduanya dan mengalahkan keduanya dalam segala hal kalau kita mau. Asalkan dalam waktu dua tahun, walikota-nya mau dan mampu kerja keras,” jelasnya.

Sementara itu, Walikota Palembang H Harnojoyo mengungkapkan, pihaknya siap melakukan penghijauan sepanjang jalan dari Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II menuju Jakabaring Sport City.

Terkait kondisi Palembang yang masih gelap, Harno mengakui bahwa memang masih seperti itulah kondisinya sekarang. Masih banyak kekurangan di beberapa segi.

“Inilah kondisinya sekarang (gelap-red). Namun kita pun telah memiliki program-program pembenahan kota dan pembangunan infrastruktur. Paling tidak, minimal Palembang akan menyeimbangi kota-kota lain yang telah
menyelenggarakan Asian Games,” ujarnya.

Pihaknya pun akan mengintensifkan penertiban bangunan liar, serta penempatan ulang baligo agar lebih rapi dan tidak ditempatkan di sembarang. Pihaknya menargetkan seluruhnya penerangan jalan, kebersihan taman, dan
ketertiban selesai pada 2016 mendatang. Sehingga pada 2018, Palembang sudah menjadi tuan ruamh yang siap dan baik untuk menjadi tuan rumah.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumsel Muddai Madang menambahkan, Palembang pun harus segera berbenah di sisi manajemen lalu lintas. Saat ini, lalu lintas Palembang masih terlihat semrawut di beberapa titik vital kota.

Selain itu, permasalahan sosial seperti pedagang kakilima serta pengemis pun harus segera diselesaikan secara serius oleh Pemko Palembang, agar tidak jadi. “Kami pun emngingatkan dari segi sarana dan akomodasi, di Palembang sampai saat ini masih banyak hotel yang dikategorikan belum layak bila dibandingkan dengan standar dari Komite Olimpiade Asia (OCA). Kita benahi satu per satu agar selesai,” tandasnya. #idz

x

Jangan Lewatkan

Cabuli Mahasiswi, Oknum PNS Divonis 6 Tahun

Palembang, BP–Terbukti melakukan persetubuhan, Viar Mediansyah (33) dijatuhi hukuman enam tahun penjara oleh majelis hakim dalam persidangan di Pengadilan Negeri ...