Home / Sumsel / Banyak DPT Siluman

Banyak DPT Siluman

Palembang, BP
kurniawan-bawasluBadan Pengawas Pemilu Provinsi Sumatera Selatan mengaku banyak menemukan Daftar Pemilih Tetap (DPT) siluman di beberapa kabupaten di Sumsel yang melaksanakan pilkada serentak. Kepastian ini disampaikan anggota Bawaslu Sumsel Kurniawan terkait penetapan DPT tingkat kabupaten yang dilaksanakan oleh KPU pada 1-2 Oktober.
“Dari hasil pengawasan, ada beberapa temuan dan juga berdasarkan hasil analisis DPS-DP4, serta DPT pemilu terakhir, masih terdapat pemilih yang tidak jelas atau diduga siluman,” kata Kurniawan, Kamis (1/10).
Menurut Kurniawan, pemilih siluman atau tidak jelas tersebut seperti yang terjadi di Kabupaten Musirawas (Mura), yang mengalami penambahan pemilih sekitar 40 ribuan.
“Jumlah penambahan ini yang paling mencolok, dibandingkan kabupaten lain, meskipun penambahan ini juga terjadi di enam kabupaten lain, tapi tidak terlalu signifikan,” ujarnya.
Selain itu, temuan adanya kejanggalan pemilih lainnya terlihat seperti yang terjadi di OKU Selatan. Di mana, pemilih meninggal dunia dan pindah domisili, mencapai ribuan orang dalam kurun waktu setahun.
“Logikanya, masa dari pemilu presiden lalu, jumlah orang meninggal dan pindah sebanyak itu,” katanya.
Kemudian, ada juga temuan mereka di Kabupaten OI (Ogan Ilir), ada beberapa PPS (Panitia Pemungutan Suara) yang tidak melakukan rekapitulasi sesuai jadwal, karena rekap manual tidak sinkron dengan hasil aplikasi sidalih.
“Misalnya pemilih yang sudha dicoret karena tidak memenuhi syarat, masih muncul di program sidalih, begitu pula pemilih yang baru dimasukkan tidak tampil di sidalih,” katanya. #osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Alex Noerdin Bersama Dodi Reza Alex “Akrab “Dengan SO

Palembang, BP Dihari kedua Idul Fitri, Sabtu (16/6), Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Alex Noerdin masih menggelar kegiatan Open House ...