Home / Headline / Warga Kepung PT Aburahmi, Minta Ganti Rugi

Warga Kepung PT Aburahmi, Minta Ganti Rugi

PALI, BP
IMG_20150929_104324Ratusan warga Desa Air Itam Timur, Kecamatan Penukal, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), beramai-ramai mengepung kantor perusahaan perkebunan kelapa sawit milik PT Aburahmi, untuk melakukan aksi demo, dalam menuntut ganti rugi atas tindakan penyerobotan lahan yang dilakukan tanpa terlebih dahulu meminta izin.

Ratusan warga ini sengaja melakukan aksi berjalan kaki dari pemukiman warga menuju kantor PT Aburahmi yang berjarak sekiitar tiga kilometer. Sembari mengancam tidak akan pulang, apabila tuntutan ganti rugi yang diinginkan pihaknya tidak juga diindahkan.

Usai menyampaikan aksinya di depan kantor, akhirnya perwakilan dari warga pun diajak untuk bernegosiasi, meskipun berjalan alot dan berlangsung hingga empat jam, akhirnya pihak perusahaan menyepakati adanya ganti rugi yang akan dilakukan terhadap lahan seluas 20 hektar dari 19 orang pemilik, dengan harga Rp13,5 juta perhektar, plus 10 persen dari harga ganti rugi untuk menganti tanam tumbuh.

Koordinator aksi, Kuyik mengatakan, bahwa kedatangan mereka ke PT Aburahmi, lantaran perusahaan ini telah melakukan aksi pengrusakan terhadap lahan sawah warga. “kami bertekat dan tidak akan pulang, sebelum adanya keputusan sesuai dengan apa yang kami inginkan,” ujarnya, Selasa (29/9).

Lebih lanjut diungkapkannya, kesepakatan yang telah diambil secara musyawarah harus segera ditepati, sebelum warga terpancing emosi, dan bahkan bisa menimbulkan aksi-aksi anarkis.

“Janji PT Aburahmi, akan dilunasi tanggal 14 Oktober nanti. Selama menunggu kelengkapan administrasi. Jangan sampai ini hanya akal-akalan saja, apabila terjadi jangan salahkan warga,” kecamnya.

Kapolsek Panukal Abab, AKP Indrowono SH mengatakan, bahwa pihaknya selain melakukan pengamanan terhadap aksi tersebut, pihaknya juga berkewajibat untuk menjadi penengah dalam pemecahan permasalahan ganti rugi ini.

“Memang benar pembayaran paling lambat akan dilakukan tanggal 14 Oktober,” akunya.

Sementara itu, General Meneger PT Aburahmi, Ginting, dan jajaranya saat wartawan untuk dimintai konfirmasi usai melakukan negosiasi bersama perwakilan aksi demo, justru mengelak dan bahkan lebih memilih bungkam. #hab

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Cek Rozak Gelar Peringatan HUT Kota Palembang Dan Halal bi Halal

Palembang, BP Calon Wakil Walikota Palembang Kgs H Abdul Rozak menggelar Halal bi Halal di kediaman pribadinya di Jalan Residen ...