Home / Sumsel / Sumsel Fokus Turunkan Angka Kemiskinan 11%

Sumsel Fokus Turunkan Angka Kemiskinan 11%

Palembang, BP

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Sumsel akan lebih fokus menurunkan angka kemiskinan hingga mencapai 11 persen.

Tahun 2014 angka kemiskinan di Sumsel tercatat sebesar 13,62 persen. Angka tersebut dinilai masih tinggi. Berdasarkan data dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Sumsel berada di peringkat enam secara nasional untuk tingkat kemiskinan penduduk.

Kepala Bappeda Sumsel Ekowati Retnaningsih mengatakan saat ini pemerintah Provinsi Sumsel sedang menyelaraskan seluruh data dari Bappenas dalam rangka penanggulangan kemiskinan di Sumsel.

“Ini baru bahasan pertama dengan Bappenas untuk penanggulangan kemiskinan di Sumsel. Akan dicocokan dulu semua data yang ada, baru kita selaraskan, ” ujar Ekowati usai rapat teknis Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Provinsi Sumsel di ruang rapat bina praja, Selasa (29/9).

Menurut dia, tahun 2014 lalu angka kemiskinan di Sumsel sebesar 13,62 persen dengan target kemiskinan bisa  turun menjadi 11 persen.

“Untuk menurunkan angka kemiskinan memang tidak mudah. Bahkan, untuk menurunkan satu persen saja itu sulit. Tapi, kami optimis target itu bisa tercapai,” ungkapnya.

Dalam menanggulangi kemiskinan ini pihaknya akan mengkoordinir semua program penanggulangan kemiskinan yang tersebar di beberapa kementerian.

“Kami sudah punya basis data terpadu tentang penduduk miskin ini. Kita lihat penduduk miskin ini kriterianya dari penghasilan. Seluruh penduduk yang berpenghasilan rendah diambil 40 persennya. Kemudian itulah yang kita ambil,” jelasnya.

Daerah di Sumsel yang mempunyai angka kemiskinan tertinggi sesuai jumlah penduduk yakni Kota Palembang. Sedangkan berdasarkan persentase berada di Kabupaten Lahat.

“Kalau kabupaten Lahat itu berdasarkan persentase. Nanti akan kita koordinasikan juga dengan pemerintah kabupaten itu untuk menurunkan angka kemiskinan di Sumsel,” katanya.

Sementara itu, Kasubdit Pemetaan Penduduk Miskin Direktorat Penanggulangan Kemiskinan Kementerian PPN/Bappenas, Agus Mansyur mengatakan, Provinsi Sumatera Selatan termasuk salah satu provinsi yang cukup berhasil dalam mengurangi angka kemiskinan.

“Dua tahun yang lalu ketika angka kemiskinan di beberapa provinsi di Indonesia mengalami peningkatan, tidak terjadi di Sumsel yang malah angka kemiskinan turun. Mudah-mudahan ini akan terus ditingkatkan, agar program pemerintah untuk menanggulangi kemiskinan berhasil,” jelasnya. #dil

x

Jangan Lewatkan

Hujan Makin Sering, Waspadai DBD dan Sarang Nyamuk

Palembang, BP Cuaca yang kurang bersahabat perlu diwaspadai oleh warga Sumatera Selatan. Hingga akhir Desember, curah hujan diperkirakan masih tinggi ...