Home / Headline / Polda Bakar Sekaligus Tiga Jenis Narkoba

Polda Bakar Sekaligus Tiga Jenis Narkoba

Palembang, BP
20150929_104922Tiga barang bukti narkoba jenis ganja, ekstasi, dan shabu dimusnahkan sekaligus oleh Direktorat Reserse (Ditres) Narkoba Polda Sumsel, di Mapolda Sumsel, Selasa (29/9). Ketiga barang haram tersebut pun dimusnahkan polisi dengan cara yang berbeda-beda.

Pertama, ganja kering sebanyak 2 kilogram (kg) yang diamankan dari tangan tersangka M Fahruddin alias Udin (35), warga Jalan Ki Merogan, Lorong Ki Banten, RT 26 RW 09, Kelurahan Kertapati, Kecamatan Kertapati Palembang, dimusnahkan dengan cara dimasukan ke dalam wadah drum dan dibakar.

Berbeda dengan barang bukti shabu seberat 88,72 gram yang disita dari tangan tersangka Agus Antoni, warga Jalan Pangeran Ayin, Kompleks Azhar, Blok BD3, RT 25 RW 6, Keluarahan Kenten Laut, Kecamatan Talang Kelapa, Kabupaten Banyuasin dan ekstasi sebanyak 83 butir milik tersangka Abdul Hadi.

Kedua barang haram tersebut dimusnahkan dengan cara diblender sekaligus. Setelah dimusnahkan hingga hancur lebur seperti jus, dua tersangka itu langsung membawa wadah jus shabu dan ekstasi secara bersamaan dengan dikawal beberapa anggota untuk membuangnya dengan cara menuangkan ke dalam toilet.

Sementara itu, Kabag Pengawasan Penyidikan (Wassidik) Ditres Narkoba Polda Sumsel AKBP Gendi Marzanto mengatakan, barang bukti tersebut setelah dilakukan pemeriksaan oleh petugas Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Sumsel dengan hasil mengandung unsur positif yakni MDMA.

“Setelah dicek Labfor tenyata positif mengandung MDMA dan langsung dimusnahkan dengan cara diblender untuk shabu dan ekstasi, sedangkan ganja dimusnahkan dengan dibakar. Pemusnahan ini juga disaksikan dari Kejaksaan dan Labfor,” kata Gendi.

Pemusnahan barang bukti ini, sambung Gendi, merupakan rangkaian penyidikan dalam rangka melengkapi berkas perkara ketiga tersangka untuk diserahkan ke kejaksaan agar ketiganya segera disidang dan menjalani hukuman.

“Pemusnahan barang bukti yang disita dari ketiga tersangka dilakukan berdasarkan amanah dari KUHP dan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 35 tahun 2009 jika barang bukti yang telah disita harus dimusnahkan,” pungkas Gendi. #rio

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Reuni Akbar SMP Negeri 38 Palembang Dihadiri Ratusan Alumnus

Palembang, BP Masih dalam suasana lebaran idul Fitri , keluarga besar alumni SMP Negeri 38 Palembang mengadakan acara reuni akbar ...