Home / Headline / Panwaslih Nilai Umumnya Baliho yang Terpasang Ilegal

Panwaslih Nilai Umumnya Baliho yang Terpasang Ilegal

Inderalaya, BP

DSC_0658Panwaslih Kabupaten Ogan Ilir (OI) menilai rata-rata baliho tiga pasangan calon atau paslon yang terpasang di posko masing-masing ilegal. Pasalnya baliho spanduk maupun banner paslon yang dipasang sebelum ada ketetapan KPU OI dianggap melanggar. Bahkan Panwaslihpun mengancam sanksi tegasnya dicopot paksa.

Hal tersebut dikatakan Anggota Panwaslih Iskandar Dermawan, Selasa (29/9), dalam rapat konsolidasi rutin mingguan di Kantor Panwaslih OI.

Dikatakannya, di setiap posko rata-rata baliho spanduk sebagai alat peraga kampanye (APK) yang dipasang adalah produk paslon bukan produk KPU, sementara berdasarkan PKPU no 7 tahun 2015 tentang kampanye bahwa APK yang diperbolehkan adalah produk KPU dan dipasang oleh KPU.

Pihaknya setiap hari dan per minggu secara rutin mendata seluruh APK yang beredar di desa dan kecamatan hingga kabupaten, kondisi yang terjadi saat ini dari ketiga paslon menggunakan posko sebagai alasan tempat pemasangan APK bahkan ada yang satu desa sampai 10 posko yang dipasang APK.

Kaitan soal tersebut pihaknya berharap agar kpu dan tim paslon melakukan semacam koordinasi mengenai ketetapan atau kesepakatan penggunaan apk di posko.

“Tindak lanjut dari permasalahan ini panwas sudah merekomendasikan apk yang dikategorikan melanggar untuk ditertibkan atau dilepas secara paksa oleh perugas satpol PP. Kita  juga mengimbau kepada paslon dan tim paslon agar tidak memasang apk yang merupakan produk paslon sendiri karena dianggap ilegal. Diimbau juga untuk secara sadar melepaskan sendiri apk tersebut sampai sebelum hari pencoblosan,” kata Iskandar kepada BeritaPagi.

Ditambahkan Iskandar, ada kendala yang dihadapi Panwaslih untuk melakukan pendataan antara lain dalam pendataan APK yang dibuat KPU dan paslon sama persis, sayangnya tidak dibuat tanda khusus pada baliho buatan KPU serta sampai saat ini KPU belum menyampaikan di mana saja lokasi pemasangan secara spesifik. Ia pun berharap ke depan KPU segera mengeluarkan di mana saja titik pemasangan APK yang merupakan produk KPU. “Jadi akhirnya kita harapkan kesadaran paslon dan timnya sendiri,” ujarnya. #hen

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Dongkrak Harga Jual Karet Melalui Inovasi Aspal Karet

Sekayu, BP–Harga karet berfluktuatif, sangat bergantung pada kondisi pasar internasional. Untuk mendapatkan harga jual yang bagus, perlu sentuhan inovasi. Salah ...