Home / Headline / Kabut Asap Halangi Pendapatan Nelayan

Kabut Asap Halangi Pendapatan Nelayan

Palembang, BP
20150929_160253Semakin parahnya kondisi kabut asap yang melanda Sumse,l khususnya Kota Palembang, berdampak merugikan bagi para nelayan kecil di pinggiran Sungai Musi.

Kabut asap yang sudah mengganggu jarak pandang, membuat aktivitas terhambat bagi para nelayan kecil yang bergantung hidup dari ikan hasil tangkapan mereka. Dengan kondisi sungai yang surut akibat kemarau ditambah tebalnya kabut asap para nelayan kecil di pinggiran Sungai Musi takut untuk menangkap ikan.

Roni (46), nelayan yang tinggal di kampug nelayan Kecamatan Kertapati, Kelurahan Kemang Agung, mengaku saat ini pendapatan ikan sudah sangat berkurang. “Sekarang ini di musim kemarau panjang memang hasil tangkapan sudah sangat sedikit jika dibandingkan dengan tahun lalu, karn kemarau panjang dan juga kabut asap, jadi kita sulit beraktivitas menangkap ikan karna idak teliat, kita jadi takut ketika mengendarai perahu harus hati-hati untuk menghindari tabrakan,” ujarnya.

Tidak hanya itu Roni juga mengatakan, tebalnya kabut asap ini membuat matanya menjadi perih dan juga menganggu pernafasan. Kesulitan para nelayan untuk melihatpun menjadi tertanggu ditambah rasa khawatir akan adanya benturan terhadap perahu milik mereka.

Diwilayah kampung nelayan ada sekitar sekitar 30 perahu kecil yang biasa digunakan untuk menangkap ikan, namun dengan kondisi saat ini hanya sedikit dari nelayan yang menagkap ikan. Dalam sehari para nelayan biasanya bisa turun menangkap ikan sebanyak tiga kali, mulai dari pagi, siang dan juga sore hari. Namun saat ini belayan mengalami kesulitan akibat kabut asab.

“Semejak kemrau dan kabut asap ini kita lebih waspada untuk mencari ikan, kita melihat dari kodisi cuaca terlebih dahulu karna jika kabut tebal pasti kita tidak mencari ikan, biasanya pada saat siang hari ketika cuaca mulai terang jadi kita bisa melihat cukup jelas, bahakan ada kala kita selama beberapa hari tidak mencari ikan karna cuaca yang tidak bersahabat,” ujar Roni. #ndi

x

Jangan Lewatkan

Pembukaan Kegiatan SUPREME SMANTA 2017

Palembang, BP Suasana tertib dan penuh antusias menghiasi pembukaan kegiatan Sport Unity Precious Event and Most Eligible SMA Negeri 3 ...