Home / Sumsel / Debit Air Turun, PLN Lakukan Pemadaman Bergilir

Debit Air Turun, PLN Lakukan Pemadaman Bergilir

Palembang, BP
Musim kemarau panjang yang terjadi di wilayah Sumatera, khususnya Sumatera Selatan, membuat debit air sungai turun yang menyebabkan pasokan listrik di Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) induk berkurang.

Pasokan listrik yang tidak seperti biasanya ini mengharuskan pihak PLN melakukan pemadaman bergilir kepada seluruh pelanggan sampai dengan kondisi debit air sungai kembali seperti semula.

Hal ini ditegaskan oleh Kabid Hukum dan Humas PT PLN WS2JB Lilik Hendro Purnomo saat diwawancarai BeritaPagi, Senin (28/9) siang.

Ia mengatakan, dengan terjadinya kemarau yang berkepanjangan otomatis membuat debit air di tiap pembangkit besar turun. “Ini membuat pasokan listrik yang dihasilkan dari turbin juga terbatas. Khususnya untuk di tiga pembangkit besar yang ada di wilayah Sumatera,” ungkapnya.

Dijelaskannya, debit air yang sedikit mempengaruhi sistem dari pembangkit ini. “Turbinnya otomatis tidak bisa bergerak karena air yang sedikit,” jelas Lilik.

Oleh karena itu sambung Lilik, pihaknya masih akan tetap melakukan pemadaman bergilir pada seluruh pelanggan PLN di Sumsel sampai musim kemarau berakhir.

“Kalau sebelumnya kita memang surplus, tapi akibat kemarau panjang ini pasokan listrik kita jadi defisit,” terangnya. #dil

x

Jangan Lewatkan

Siap Mundur Jika 1 Tahun Jalan Di Banyuasin Tidak Mulus

Palembang,BP Anggota Komisi II DPRD Sumatera Selatan (Sumsel) yang juga bakal calon Bupati Banyuasin, Arkoni MD menegaskan, jika dirinya terpilih ...