Home / Pendidikan / Rekrut Karyawan, Pusri Gandeng Unsri

Rekrut Karyawan, Pusri Gandeng Unsri

Palembang, BP

Dalam rangka memenuhi kebutuhan tenaga kerja dan sebagai lanjutan rencana rekrutmen karyawan pada tahun sebelumnya, PT Pupuk Sriwijaya (Pusri) kembali membuka lowongan pekerjaan melalui sistem rekrutmen umum. Penerimaan karyawan ini bekerja sama dengan Pusat Pelayanan Jasa Ketenagakerjaan (PPJK) Unsri sebagai konsultan utama.

Kepala Pusat Pelayanan Jasa Ketenagakerjaan (PPJK) Unsri Zainuddin Nawawi mengakui, jalinan kerjas ama antara pihak Unsri dan Pusri memang rutin dilaksanakan. Rekrutmen sendiri dibuka pada 29 September sampai 5 Oktober 2015 secara online dengan situs website http: // www.rekrutmenpusri.com.

“Sekitar 115 karyawan nantinya akan diterima dengan tiga formasi penerimaan, yaitu tingkat sarjana (S1), tingkat diploma (D3), tingkat SMA,” kata Zainuddin Nawaei kepada BeritaPagi, Sabtu (26/9).

Ia juga menjelaskan, untuk persyaratannya umum sendiri di antaranya :warga negara Indonesia, batas usia dihitung per 1 Oktober 2015, sehat jasmani dan dan rohani, bersedia ditempatkan di seluruh wilayah operasi perusahaan, jurusan/program studi yang dilamar harus sesuai dengan latar belakang pendidikan yang diisyratkan dan hanya diperkenankan mengajukan lamaran untuk satu bidang keahlian.

Formasi penerimaan yang dibuka tahun ini untuk Strata 1 (S-1), yakni dari lulusan teknik mesin, teknik elektro, teknik industri, akuntansi, manajemen, manajemen konsentrasi SDM, bisnis internasional, agronomi, hukum pidana, hukum perdata/bisnis, ilmu hama dan penyakit tumbuhan dan ilmu administrasi negara. Untuk persyaratan khusus S1 : IPK minimal 2,75 (untuk jurusan terakreditasi A) 3,00 (Akreditasi B dan C), usia max 28 tahun, tidak buta warna total atau persial dan jenis kelamin laki-laki.

“Untuk D-3, formasi penerimaan dibuka untuk lulusan teknik mesin,teknik elektro/ listrik, teknik kimia, teknik sipil, teknik komputer, instrumen, akuntansi, manajemen/ adminsitrasi ekonomi, perhotelan, b. Inggris kons perhotelan, humas/komunikasi, pertanian. Persyaratan khusus untuk D3 IPK minimal 2,75 (untuk jurusan terakreditasi A) 3,00 (Akreditasi B dan C), usia maxsimal 25 tahun, tidak buta warna total atau persial. Untuk D3 teknik jenis kelamin laki–laki,” ujarnya.

Sementara itu, untuk formasi SMA, persyaratan khusus jenis kelamin laki-laki, untuk formasi SL-MSN dan SL-LIS, sekolah yang dimaksud hanya berasal dari SMK di Sumatera Selatan, dengan nilai kelulusan rata-rata 7,00. Untuk usia antara 18-20 tahun untuk SMK, kecuali untuk SMA/ SMK pengalaman usia maksimal 35 tahun.

Selanjutnya, belum menikah untuk SL-MSN dan SL-LIS, memiliki pengalaman di keahliannya masing-masing minimal 1 tahun dan yang diutamakan memiliki sertifikat keahlian (SMA/ SMK pengalaman). Kemudian diutamakan sedang tidak kuliah, tidak berkacamata dan tinggi badan 160 cm.

“Setiap peserta yang lolos seleksi administrasi online, selanjutnya dapat mengikuti seleksi berikutnya. Pengiriman berkas lamaran 30 September samai dengan 6 Oktober 2015 ditujukkan ke PO BOX 9999 Palembang 30000, sedangkan tes direncanakan pada tanggal 11 Oktober 2015 yang akan datang,” bebernya.

Belajar dari tahun sebelumnya, pendaftar Pusri selalu membludak dari tahun ke tahun. Untuk itu, pihaknya sudah mengantisipasi lokasi ujian dengan memanfaatkan semua kampus yang ada di Unsri Bukit Besar Palembang, sedangkan di luar Palembang masih dicari lokasi yang pas. Tes lanjutan itu meliputi tes aptitude atau dikenal sebagai tes psikometri (kemampuan). Kemudian dilanjutkan dengan tes psikologi, Bahasa Inggris, kesehatan, serta wawancara akhir, khusus untuk program keahlian akan diadakan tes keahlian untuk las dan mengoperasikan mesin.

“Untuk rekrutmen selama ini tidak akan ada intervensi sehingga tidak usah percaya ada oknum yang mengiming-imingi mengaku calo yang bisa menjamin meluluskan calon karyawan ini,” tandas Zainuddin.

Oadk

x

Jangan Lewatkan

Pemira UIN Memanas, Puluhan Mahasiswa Geruduk Gedung Rektorat

Palembang, BP– Jelang pergantian kursi kepemimpinan Dema UIN Raden Fatah Palembang masa bakti 2017-2018, dinamika politik pun semakin memanas. Bahkan, ...