Home / Sumsel / Pemprov Sumsel Bangun Dua Flyover Lagi di Palembang

Pemprov Sumsel Bangun Dua Flyover Lagi di Palembang

Palembang, BP

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) melihat Kota Palembang masih cukup macet dan untuk melaksanakan Asian Games perlu ada penambahan lebih banyak flyover.

 

Provinsi Sumatera Selatan mendapatkan bantuan pembangunan infrastruktur dua flyover dari pemerintah pusat, yakni di Simpang Keramasan dan Simpang Bandara SMB II Palembang.
Gubernur Sumsel H Alex Noerdin mengatakan, dua flyover tersebut akan sangat mendukung kelancaran lalu lintas Palembang yang kian padat. Pada saat pelaksanaan Asian Games mendatang, kemacetan bukan hal yang bisa ditolerir. Pihaknya akan mencegah hal tersebut mulai dari sekarang.

 

“Dua flyover tersebut ditargetkan selesai sebelum terlaksananya Asian Games pada 2018 mendatang. Dana berasal dari pusat dan pelaksanaannya adalah Balai Besar Jalan. Jadi masyarakat Palembang tinggal terima jadinya saja,” tuturnya.
Kepala Satuan Kerja Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) III Sumatera Bagian Selatan Gunawan mengatakan, flyover Simpang Bandara akan dibangun sepanjang 400 meter. Sementara flyover Simpang Keramasan membentang 600 meter.
Dua simpang tersebut dipilih karena hingga kini, kepadatan kendaraan di kawasan tersebut selalu menumpuk dan berujung kemacetan panjang yang terjadi selama berjam-jam.
Selain itu, flyover Simpang Keramasan dibutuhkan sebagai infrastruktur penunjang ketika nanti jalan tol sudah selesai dikerjakan. Kendaraan bisa langsung menuju lurus ke jalan menuju jembatan Musi II melalui flyover Keramasan.
“Proses pra pembangunan seperti perancangan Detail Engineering Design (DED), analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal), dan sebagainya sudah dikerjakan selama 2015 ini. Dua flyover tersebut akan dibangun secara serentak pada awal 2016 nanti. Tinggal proses lelang diselesaikan hingga akhir tahun ini,” ungkapnya.
Setelah proses lelang selesai di akhir tahun, penetapan pemenang tender dipastikan akan menandai bahwa pembangunan konstruksi pun langsung dikerjakan. Pembangunan kedua flyover tersebut, dikatakan Gunawan, akan menelan dana hingga Rp412 miliar.
Flyover Simpang Bandara membutuhkan pembebasan lahan seluas 3.000 meter. Sedangkan konstruksi flyover Simpang Keramasan hanya akan menggunakan median jalan, tanpa harus membebaskan lahan-lahan milik masyarakat yang berada di samping jalan. Pihaknya akan dibantu oleh Pemko Palembang untuk urusan membebaskan lahan. #idz

x

Jangan Lewatkan

Siap Mundur Jika 1 Tahun Jalan Di Banyuasin Tidak Mulus

Palembang,BP Anggota Komisi II DPRD Sumatera Selatan (Sumsel) yang juga bakal calon Bupati Banyuasin, Arkoni MD menegaskan, jika dirinya terpilih ...