Home / Headline / Manajemen Haji Arab Saudi Harus Diperbaiki

Manajemen Haji Arab Saudi Harus Diperbaiki

Palembang, BP
wakil ketua DPRD Sumsel Dr Drs HA Djauhari MMMantan Wakil Ketua DPRD Sumsel Drs HA Djauhari, MM mengkritik manajemen pelaksanaan haji di Arab Saudi yang menyebabkan ratusan jemaah haji, termasuk jemaah haji asal Indonesia, tewas dan terluka karena terimpit dan terinjak-injak di terowongan Mina.
“Saya melihat kalau kita ini sudah siap, kita masyarakat Indonesia ini patuh pada peraturan dan ketentuan namun saya melihat manajemen haji yang dilakukan pemerintah Arab Saudi kurang diperhatikan. Seperti contoh crane itu mestinya dipindahkan saat musim haji, jangan sampai ada hal-hal yang tidak terduga,” katanya di sela-sela acara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke 14 Partai Demokrat di kantor DPC Partai Demokrat kota Palembang, jalan Alamsyah Ratu Prawira Negara Kelurahan Bukit Lama, Ilir Barat, Palembang.
Selain itu dia melihat pemerintah Arab Saudi kurang siap dengan menerima tamu-tamu Allah tersebut.
“Kita berharap, kejadian ini diinvestigasi dengan baik di mana kelemahannya. Walaupun ini takdir tapi takdir itu kita bawa dengan usaha dan upaya agar terhindar dari marabahaya dan musibah,” katanya.
Selain itu menurut politisi Partai Demokrat ini, Pemerintah Arab Saudi harus mengajak negara-negara yang banyak melaksanakan atau mengirimkan jemaah hajinya jadi tahu bagaimana keamanan dan sebagainya dan itu harus diajak.
“Kami melihat kejadian ini sudah dua kali dalam satu musim haji, sudah 2000 manusia  meninggal  karena manajemen yang tidak baik, di mana keamanannya di mana polisinya. Kalau jemaah terlalu banyak masuk terowongan Mina itu distop harusnya, jangan dibiarkan orang berjubel seperti itu. Inilah harapan kita dan harus disiplin ketika dilarang itu harus dilarang, kalau boleh dipersilahkan artinya tidak berbahaya, tapi kalau berbahaya polisi Arab Saudi harus menyetop dengan tegas agar jangan ada gerakan,” katanya. #osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

PAN Sumsel Bakal Pidanakan Orang yang Ngaku Kader, Usai Deklarasi Dukungan ke Jokowi

Palembang, BP Pengurus DPW PAN Sumatera Selatan (Sumsel)  angkat bicara terkait adanya segelintir orang mengatasnamakan kader partai mendukung pasangan calon ...