Home / Sumsel / Tidak Ada Jemaah Sumsel Jadi Korban Tragedi Mina

Tidak Ada Jemaah Sumsel Jadi Korban Tragedi Mina

Palembang, BP
Tercatat hampir 1.000 jemaah haji yang menjadi korban tragedi Mina Kamis kemarin. Meskipun PPIH Arab Saudi belum memberikan keterangan secara resmi mengenai korban-korban akibat tragedi Mina, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Palembang memastikan jika jemaah haji Embarkasi Palembang dalam keadaan selamat.

Demikian diungkapkan Ketua PPIH Embarkasi Palembang Hambali yang menegaskan bahwa laporan jamaah embarkasi Palembang yang selamat ini didapat dari masing-masing kepala rombongan dan ketua kloter yang berada di tanah suci Mekah.

“Alhamdulillah, laporan terakhir yang saya terima. Jemaah kita aman dan tetap mendapatkan perlindungan Allah dari semua peristiwa yang terjadi dalam beberapa pekan ini,” ujarnya, Jumat (25/9) sore di Palembang.

Meski demikian, Hambali tetap berharap agar pemerintah Arab Saudi segera memberikan keterangan resmi mengenai nama-nama korban asal Indonesia yang menjadi korban.

“Dari media center Haji memang diketahui ada tiga korban dari Indonesia. Kita turut berdukacita yang mendalam akibat peristiwa tersebut,” katanya.

Sambung Hambali, Ia juga berharap agar keluarga jamaah tidak mudah percaya dengan informasi-informasi yang menyebutkan jika ada jemaah haji Sumsel yang menjadi korban.

“Untuk sementara, laporan yang kami terima, seluruh jamaah kita aman dari peristiwa tragedi Mina tersebut. Namun kita tetap memonitoring untuk mengantisipasi kemungkinan buruk terjadi,” katanya.

Menurutnya, jalur yang digunakan jemaah haji Indonesia, termasuk Embarkasi Palembang, berbeda dengan yang dialami korban-korban tersebut. Perbedaan itu dilakukan, selain bertujuan untuk pengaturan arus, waktu-waktu melempar jumrah yang disediakan juga sudah mempertimbangkan aspek suhu panas udara di Mina. “Dengan demikian, jamaah terhindar dari desak-desakan dan ketidaknyamanan di jamarat,” ujarnya.

Dipengujung kegiatan rukun haji sendiri, Hambali tetap berpesan kepada seluruh jemaah untuk tetap mematuhi semua peraturan yang berlaku di Mekah, selalu berkoordinasi dengan ketua rombongan dan pihak kesehatan. Data yang dimiliki PPIH Embarkasi Palembang, musim haji tahun ini Embarkasi Palembang total memberangkatkan 5.867 jamaah dan petugas kloter. Rinciannya, sebanyak 5.067 jamaah asal Sumsel, 732 jemaah asal Bangka Belitung, 59 petugas kloter asal Sumsel, dan sembilan petugas kloter asal Bangka Belitung.

Kepala Daker Makkah Arsyad Hidayat seperti yang dimuat dalam rilis Kemenag RI, menegaskan, informasi yang berkembang melalui pesan berantai yang menyebutkan angka korban mencapai 32 orang berikut daftar namanya adalah tidak benar dan tidak valid.

Selain itu, ada juga informasi yang menyebutkan korban hingga mencapai angka 39 orang. Itupun dipastikan Arsyad sebagai informasi yang tidak benar dan menyesatkan. “Mohon kerjasama seluruh media untuk tidak memberitakan hal tersebut.  Update informasi terkait Peristiwa Mina, silakan komunikasikan dengan  media center haji,” tandasnya. #dil

x

Jangan Lewatkan

Siap Mundur Jika 1 Tahun Jalan Di Banyuasin Tidak Mulus

Palembang,BP Anggota Komisi II DPRD Sumatera Selatan (Sumsel) yang juga bakal calon Bupati Banyuasin, Arkoni MD menegaskan, jika dirinya terpilih ...