Home / Headline / Perahu Otok-Otok Masih Eksis

Perahu Otok-Otok Masih Eksis

Palembang, BP
image(2)Meskipun perkembangan teknologi saat ini semakin maju seiring dengan perkembangan berbagai mainan canggih, tidak juga membuat mainan tradisional yang sudah ada masa kemerdekaan Indonesia lenyap begitu saja. Salah satu mainan tradisional yang masih eksis sampai sekarang yakni perahu otok-otok.

Perahu otok-otok ini merupakan mainan tradisional khas masyarakat kota Palembang yang terbuat dari pelat kaleng yang berbentuk perahu perang dan menggunakan bahan bakar minyak goreng.

Mainan ini masih bisa ditemui di beberapa pasar di kota Palembang, salah satunya dipasar 16 Ilir, Tarmizi, salah seorang penjual perahu otok-otok ini mengaku, mainan ini pernah berjaya pada tahun 90-an.

“Dulu, ini jadi mainan favorit anak-anak di Palembang. Sekarang banyak anak kecil yang tidak tahu mainan ini,” ujar Tarmizi pada BeritaPagi, Sabtu (26/9) siang.

Dikatakannya, untuk memainkan perahu ini pun sangat tidak sulit. Hanya dengan mengisi bahan bakar perahu dari minyak goreng yang kemudian diberi sumbu kecil langsung bisa berjalan diatas air.

“Saat sumbu dibakar barulah bunyi otok-otok akan keluar. Yah, maka dari itu nama mainan itu dibuat perahu otok-otok,” katanya.

Ia menambahkan, penjualan perahu otok-otok saat ini memang sepi, karena sudah jarang ada yang berminat untuk membeli mainan yang satu ini.

“Dalam sehari biasanya membawa kisaran 45 perahu kotok-kotok untuk dijual dikawasan pasar 16 Ilir Palembang namun yang bisa terjual 10 buah perahu. Harga jualnya Rp 15 ribu/buah, namun harga tersebut masih bisa ditawar,” tandasnya.#dil

x

Jangan Lewatkan

Sumsel Siaga Musim Hujan

Palembang, BP Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Selatan (Sumsel), gelar Rapat Koordinasi (Rakor) Siaga Banjir dan Tanah Longsor tahun ...