Home / Sumsel / Kodam Sriwijaya Gelar Shalat Idul Adha Bersama

Kodam Sriwijaya Gelar Shalat Idul Adha Bersama

 
Palembang, BP
 
01Pangdam II/Swj Mayjen TNI Purwadi Mukson, SIP  dan Ny Raudha Purwadi Shalat Idul Adha bersama masyarakat di lapangan Upacara Makodam II/Swj Jalan Jenderal Sudirman Km. 2,5 Palembang, Kamis  (24/9).
 
Pelaksanaan Sholat Idul Adha 1436 H/ 2015 M di Makodam II/Swj diikuti sedikitnya ± 1.500 orang jamaah terdiri dari anggota dan keluarga besar Kodam II/Swj serta warga masyarakat di sekitar Makodam. Bertindak sebagai Imam/khatib  Prof Dr Ir H Anisegaf MSc, Rektor Unsri Palembang.
 
Tema Idul Adha 1436 H/2015 M adalah “Dengan hikmah Idul Adha 1436 H Kita Tingkatkan Solidaritas, Kepedulian dan Kebersamaan Prajurit TNI AD dengan Rakyat Guna Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan Bangsa.
 
Dalam ceramahnya Prof Dr Ir H Anisegaf MSc,menguraikan hikmah di balik rangkaian peristiwa pengorbanan paling besar sepanjang sejarah yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim bersama keluarganya. Dijelaskannya bahwa salah satu hikmah dengan adanya penyembelihan hewan-hewan kurban memberikan makna manusia harus dapat menghilangkan sifat-sifat hewani yang ada dalam diri masing-masing.
Selain itu, Khatib juga mengajak kepada umat Islam untuk mengambil hikmah dan makna dari peringatan hari raya Idul Adha atau yang juga dikenal dengan hari raya kurban atau hari raya haji, di mana setiap muslim hendaknya senantiasa tulus, ikhlas dan rela berkurban serta menjadikan perayaan Idul Adha sebagai momentum untuk melakukan evaluasi, instrospeksi dan mawas diri terhadap semua yang telah dilakukan selama ini. Umat muslim hendaknya mampu meneladani Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail AS, yang rela mengorbankan hanya untuk Allah SWT dan tidak mudah terpengaruh oleh bujukan setan.
Usai sholat dan khotbah Idul Adha dilanjutnya dengan penyerahan dan penyembelian hewan korban kepada Panitia Korban dari Bintaldam II/Swj, bertempat di lapangan Makodam II/Swj. Hewan kurban yang terkumpul sebanyak lima ekor sapi dan sembilan ekor kambing, baik yang berasal dari pejabat di lingkungan Kodam II/Swj maupun dari masyarakat sekitar.
Pada kesempatan tersebut Pangdam II/Swj menyerahkan dua ekor sapi, dilanjutkan pemotongan hewan kurban yang disaksikan oleh semua yang hadir. Dengan iringan kumandang takbir semua hewan korban dipotong dan selanjutnya dibagi-bagikan kepada warga masyarakat yang berhak menerimanya, baik kepada fakir miskin secara perorangan maupun melalui yayasan yang lebih membutuhkan.#osk
x

Jangan Lewatkan

Siap Mundur Jika 1 Tahun Jalan Di Banyuasin Tidak Mulus

Palembang,BP Anggota Komisi II DPRD Sumatera Selatan (Sumsel) yang juga bakal calon Bupati Banyuasin, Arkoni MD menegaskan, jika dirinya terpilih ...