Home / Headline / 3 Bulan Lagi Pembangunan Jembatan Musi IV Dimulai

3 Bulan Lagi Pembangunan Jembatan Musi IV Dimulai

bunuh diriPalembang, BP

Jembatan megah Musi IV senilai kurang lebih Rp250 miliar akan segera dibangun Desember 2015. Setelah dibangun, masyarakat Kota Palembang diperkirakan akan lebih bisa bernapas lega, sebab tidak hanya bergantung pada jembatan Ampera yang sudah tua dan macet.

Ketua Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Jembatan Metropolitan pada BBPJN III, Azwar Edi, mengatakan pembayaran lahan warga yang terkena dampak pembangunan akan dilakukan lagi pada akhir bulan ini atau awal bulan depan (Oktober).

“Jika tidak ada halangan awal Desember sudah bisa tanda tangan kontrak, untuk konstruksi efektif dilakukan awal 2016, pembanguan sudah bisa dimulai serentak, tergantung kesiapan lokasi,” katanya, Jumat (25/9).

Dia mengatakan, saat ini memang konstruksi sedang proses lelang tender, tengah berlangsung juga pengupulan kelengkapan berkas-berkas untuk ganti rugi lahan. Sementara, untuk pengajuan pencairan dana ke kantor
pembendaharaan negara sudah dikirim.

“Pengajuan pencairan dana sudah dilakukan, tinggal proses pencairan saja. Jika tidak ada halangan, akhir bulan ini atau awal bulan depan sudah bisa dilakukan proses penyerahan ganti rugi lahan,” ucap dia.

Seperti yang disampaikan Azwar, setelah pembayaran pembebasan lahan di lakukan Pemerintah Kota Palembang belum lama ini, sisa pembayaran sudah diajukan ke Kementerian Pekerjaan Umum (PU). Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) III optimis bisa menjalankan kontrak tender pada tahun ini juga.

Azwar menjelaskan, untuk pembangunan jembatan Musi IV ditarget 30 bulan pengerjaan atau secepatnya selesai di awal tahun 2018 atau sebelum perhelatan Asian Games. Jembatan ini diperkirakan akan menghabiskan anggaran APBN sebesar Rp250 miliar.

Jembatan ini juga akan dibangun dengan konsep ekstrados dilengkapi dengan cable stayed dan belum pernah dibangun di Pulau Sumatara. Jika dilihat dari dana yang dianggarkan jembatan ini akan cukup kuat dan megah dari yang sudah ada di Sumatera.

Mengenai proses sisa pembayaran lahan, dia mengakatakan tetap melibatkan Pemerintah Kota Palembang. Namun untuk sekitar Rp35,4 miliar pembebasan lahan akan diajukan menggunakan dana APBN. Dana konstruksi sudah diajukan revisi untuk dipergunakan sebagai dana pembebasan lahan.

“Karena program ini sudah cukup mendesak, maka dana konstruksi tahun 2015 akan diajukan revisi ke Kementerian PU, untuk dipergunakan sebagai pembayaran sisa pembebasan lahan. Proses revisi akan dilakukan bulan ini juga,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (PUBM) dan Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Kota Palembang Darma Budhy mengatakan untuk pembebasan lahan tahap berikutnya menggunakan APBN dan tinggal menunggu proses saja.

Pemerintah Kota Palembang akan dilibatkan dalam proses pembebasan lahan, hanya saja kapan dan dimana pembayaran ganti rugi lahan dilakukan, saat ini masih dalam proses.

“Masih dalam proses, namun melibatkan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota Palembang, termasuk Pak Wali juga akan turun langsung memastikan pembebasan lahan ini berjalan baik,” jelas Budhy.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Palembang yang dianggarkan untuk pembebasan lahan proyek jembatan dan jalan Musi IV sebesar Rp8,6 miliar, sementara total dana pembebasan lahan mencapai Rp44 miliar.

Pembayaran ganti rugi yang sudah dilakukan sebesar Rp4,8 miliar kepada tiga pemilik lahan, sedangkan sisanya Rp3,8 miliar akan dibayar secara bertahap menunggu proses pencairan. Sedangkan Rp35,4 miliar akan dianggarkan melalui APBN.

“Dari dana APBD Kota Palembang Rp8,6 miliar masih ada sekitar Rp35,4 miliar lagi sisa dana yang akan bayar kepada pemilik lahan, dana ini akan diajukan sharing dari Kementerian PU,” kata  Ketua Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Pembebasan Lahan Dinas PUBM dan PSDA Kota Palembang Norman Barus. #ren

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Jumputan Gambo Muba Mulai Mendunia

Perth, Australia, BP–Kain khas karya anak putra Banyuasin yakni Jumputan Gambo Muba terus gencar diperkenalkan ke dunia dan kini telah ...