Home / Pendidikan / Supervisi Tingkatkan Kinerja Guru

Supervisi Tingkatkan Kinerja Guru

Palembang, BP

Guna meningkatkan kualitas sumber daya pendidikan terutama dalam kinerja guru dalam proses belajar mengajar (PBM), maka guru tersebut harus dibina dan dikembangkan secara baik secara terus meneurus. Pasalnya, hal ini merupakan tugas serta kewajiban dari seorang kepala sekolah yang harus mampu memberikan supervisi kepada setiap guru yang ada di sekolah. Hal inilah yang sudah diterapkan di SMK Negeri 5 Palembang.

Di SMK ini, setiap guru selalu diajak berbicara mengenai proses pembelajaran yang dilakukan di kelas, seperti apa yang diajarkan dan diberikan kepada sang anak didiknya.

“Kami terus berupaya melakukan supervisi kepada setiap tenaga pendidikan di sekolah agar mampu meningkatkan kualitas pengajaran di dalam kelas,” ujar Kepala SMKN 5 Drs H Zulfikri, MPd, saat dibincangi, BeritaPagi di ruang kerjanya, Jumat (25/9).

Dia mengatakan, pada dasarnya pemberian supervisi ini dilakukan untuk memberikan penilaian bagi guru dalam melaksanakan tugas mengajar, menguasai dan mengembangkan bahan pelajaran, kedisiplinan dalam mengajar dan tugas lainnya. Selain itu, dari supervisi ini juga dapat dilihat kreativitas dalam pelaksanaan pengajaran yang dilakukan seorang guru saat di dalam kelas.

“Guru dituntut harus bisa kerja sama dengan semua warga sekolah, serta memiliki jiwa kepemimpinan yang menjadi panutan siswa. Selain itu, memiliki kepribadian yang baik, jujur dan objektif dalam membimbing siswa, serta tanggung jawab terhadap tugasnya,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan, banyak faktor yang dapat mempengaruhi kinerja guru dalam mengajar, tetapi dengan adanya kegiatan supervisi yang dilaksanakan ini diharapkan guru menjadi termotivasi dalam meningkatkan kemampuan mengajar. Saat guru puas dengan pemberian supervisi akan membuat dirinya lebih termotivasi kerjanya, sehingga pada akhirnya dapat membuat kinerja mereka meningkat.

“Tetapi jika guru kurang puas terhadap pelaksanaan supervisi kepala sekolah dan motivasi kerjanya yang rendah maka guru dalam bekerja kurang bergairah, hal ini mengakibatkan kinerja guru menurun,” bebernya.

Menurutnya, banyak guru kurang berhasil dalam mengajar dikarenakan mereka kurang termotivasi untuk mengajar sehingga berdampak terhadap menurunnya kinerja guru. Untuk itu diperlukan peran kepala sekolah sebagai supervisor dapat memberi bantuan, bimbingan, ataupun layanan kepada guru dalam menjalankan tugas maupun dalam memecahkan hambatannya. Serta memotivasi para guru untuk meningkatkan kinerjanya.

“Pelaksanaan supervisi ini dilakukan secara kontinyu mengingat peningkatan kompetensi profesional guru tidak bisa dilakukan secara instan. Sebagai kepala sekolah saya harus mampu memahami karakteristik dan kondisi setiap guru sehingga apa yang menjadi esensi ataupun tujuan supervisi dapat tercapai,” ujarnya

Oadk

 

x

Jangan Lewatkan

Kampanye 16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan di KI Meriah

Palembang, BP–Women’s Crisis Centre (WCC) Palembang menggelar kampanye 16 hari Anti kekerasan Terhadap perempuan tahun 2017, di Kambang Iwak, Palembang, ...