Home / Sumsel / Musirawas / Warga Minta Pintu Air Tidak Dibuka Dulu

Warga Minta Pintu Air Tidak Dibuka Dulu

Muarabeliti, BP

!2Imbauan Penjabat Bupati Musirawas Riki Junaidi tentang penertiban penggunaan air irigasi di Desa Srimulyo,  Kecamatan STL Ulu Terawas tidak berjalan dengan mulus. Salah satu pintu air utama BK 1 yang berada di Kelurahan Siring Agung, Kecamatan Lubuklinggau Selatan II, menghadapi kendala saat akan dibuka.

Rencana pembukaan yang dilakukan oleh tim irigasi Pemerintah Kabupaten Musirawas, Rabu (23/9) sekitar pukul 09.30 ini terkendala warga setempat yang tak ingin pintu air dibuka karena warga mengandalkan air irigasi tersebut untuk mandi dan mencuci saat musim kemarau.

Padahal imbauan itu dikeluarkan usai Penjabat Bupati Musirawas Riki Junaidi meninjau lokasi persawahan di Desa Srimulyo, Kecamatan STL Ulu Terawas yang terancam gagal panen akibat kekeringan.

Penjaga pintu air utama BK 1, Apin, mengungkapkan kedatangan warga setempat pada dasarnya bukan bertujuan menghalangi tim yang hendak membuka pintu air melainkan warga mempertanyakan karena tidak ada pemberitahuan sebelumnya terkait hal ini.

“Warga di sini cuma minta kejelasan, kenapa tim dari Musirawas yang berusaha membuka, bukannya tim yang berasal dari Pemkot Lubuklinggau. Itu yang kami tanyakan, bukan kami menghalang-halangi,” ungkapnya.

Dijelaskannya, dari pintu air BK 1 ini ada sekitar empat wilayah yang menggunakan fungsi bendungan tersebut guna mengairi sawah dan kolam, yaitu Desa Tanah Periuk, Kelurahan Eka Marga, Siring Agung, dan Moneng Sepati.

“Ada sekitar 850 hektar sawah yang dialiri air dari bendungan BK 1 ini. Jika pintu air bendungan ini dibuka, artinya kekeringan sawah di Lubuklinggau akan semakin meluas. Kalau saya hanya menjalankan tugas sebagai penjaga pintu air, perintah atasan saja yang saya jalankan, kalau disuruh buka ya saya buka,” jelasnya. #wan

x

Jangan Lewatkan

Dishubkominfo Jamin Tak Ada Titik Macet

Muarabeliti, BP Pemerintah Kabupaten Musirawas (Mura) melalui Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) menjamin tidak akan ada kemacetan untuk arus ...