Home / Sumsel / Asap Kiriman Kalimantan Pekatkan Asap di Palembang

Asap Kiriman Kalimantan Pekatkan Asap di Palembang

Palembang, BP
IMG-20150812-02126 Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan H Giri Ramandha N Kiemas menilai asap pekat yang saat ini memenuhi wilayah Sumsel bukan hanya dari Sumsel sendiri melainkan juga kiriman dari Kalimantan yang terbawa arus angin. Asap kiriman itu tertahan di Sumsel karena angin yang mendorongnya lambat.
“Walaupun kecenderungan titik api di Sumsel meningkat, bukan seperti beberapa waktu saat lalu. Kalau sebelumnya titik api terkonsentrasi di beberapa wilayah dan besar tapi ini kecil-kecil. Ini bukan pembakaran tapi kebakaran yang terjadi apa adanya tanpa ada kesengajaan,” katanya, Kamis (24/9).
Pihaknya mengapresiasi kinerja BPBD , TNI, Polri, Manggala Agni yang terus memadamkan api di Sumsel hingga kini dan sudah berkerja keras, ditambah pihak TNI berhasil membekuk pelaku illegal logging di Muba.
“Anggaran penanganan kabut asap di Sumsel sudah cukup, tinggal ini kemarau panjang, hujan tak kunjung datang di semai beberapa kali tidak ada titiknya, ini menjadi masalah, kalau ada hujan sedikit kabut asap di Sumsel selesai  dan memang kita membutuhkan hujan secara merata dalam 1- 2 hari untuk memadamkan,” katanya.
Dia mengakui sejumlah anggota DPRD Sumsel meminta ada raperda asap. “Menurut saya tidak ada masalah selama tidak bertentangan dengan aturan lebih tinggi karena perangkat undang-undang sudah lengkap tinggal masalahnya bagaimana penanganan asap ini, kedepan mungkin harus di buat satuan-satuan di tingkat desa yang tugasnya berpatroli ke masyarakat  menasihati, melarang, dan mengawasi masyarakat agar tidak melakukan pembakaran lahan dan hutan, dan penegakan hukum yang tegas sehingga tidak ada kesan penangan hukum pandang bulu terhadap perusahaan yang nakal dalam membuka perkebunan,” katanya. #osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Jangan Jadi Kader Sontoloyo

Palembang, BP Direktur Komunikasi dan Politik Tim Kampanye Daerah (TKD) provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) pasangan capres dan cawapres Joko Widodo (Jokowi) ...