Home / Pendidikan / Idul Adha, Siswa Libur Satu Hari

Idul Adha, Siswa Libur Satu Hari

Palembang, BP

Hari Raya Idul Adha 10 Zulhijah 1436 H atau dalam kalender pemerintah yang jatuh pada Kamis 24 September nanti, sekolah diinstruksikan hanya libur satu hari yakni pada pelaksanaan hari raya Idul Adha saja.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Palembang Ahmad Zulinto mengatakan, sekolah harus tetap berjalan seperti biasanya kecuali pada Kamis.

“Namun ada sebagian sekolah yang sudah melaksanakan lebaran pada Rabu nanti. Seperti Muhammadiyah. Bagi mereka yang lebaran hari Rabu silahkan libur pada hari tersebut,” kata Ahmad Zulinto, Senin (21/9).

Ia juga menjelaskan, lain halnya bagi sekolah umum yang mengikuti lebaran hari Kamis, pihaknya tetap menginstruksikan sekolah dengan catatan fakultatif.

“Boleh masuk sekolah, atau belajar di rumah. Intinya tidak boleh libur dan tetap dihitung masuk sekolah pada Rabu tersebut. Selain itu juga sekolah bisa dipulangkan cepat,” ujarnya.

Selanjutnya untuk Jumat (18/9), seluruh sekolah wajib masuk kembali. Apabila ada yang kedapatan menambah jatah libur, maka pihaknya akan memberikan sanksi tegas.

“Cukup sehari kok libur, setelah itu masuk lagi. Jangan ada yang meliburkan diri. Saya akan beri sanksi bagi sekolah yang melanggar,” terangnya.

Sanksi tersebut bisa berupa sanksi ringan terlebih dahulu dengan menegur kepala sekolah yang bersangkutan. Tidak ada alasan hari terjepit apalagi sempat mudik ke kampung halaman.

“Silahkan bagi sekolah yang mau melaksanakan kurban atau kegiatan yang berkaitan Idul Adha. Yang penting pada Jumat semua wajib masuk,” bebernya.

Sementara itu, terkait libur Hari Raya Idul Adha 10 Zulhijah 1436 H tahun ini, salah satu Organisasi Masyarakat Islam terbesar, Muhammadiyah mengambil keputusan lebaran pada Rabu (23/9). Otomatis, libur sekolah sudah berlangsung pada Rabu nanti.

“Tak hanya itu, siswa juga akan diliburkan pada hari Tasyrikh, yakni 24, 25, dan 26 September. Artinya libur mulai dari Rabu hingga Sabtu. Dan masuk kembali pada Senin, 28 September nanti,” ujar Ketua Panitia Sholat Id wilayah Muhammadiyah Palembang Sriyani.

Sriyani yang juga Kepala SMK Muhammadiyah 1 Palembang ini menambahkan, dengan adanya libur tersebut diharapkan siswa benar-benar serius melaksanakan rangkaian ibadah di Hari Raya Idul Adha, dan tidak boleh menambah hari libur sama sekali.

“Ini merupakan keputusan hasil musyawarah pimpinan daerah Muhammadiyah Palembang. Bahwa seluruh instansi pendidikan Muhammadiyah sudah libur pada Rabu besok,” jelasnya.

Pihaknya juga menginstruksikan kepada seluruh anggota Muhammadiyah baik itu cabang maupun ranting untuk bersama-sama mengikuti Shalat Id berjamaah yang dipusatkan di Benteng Kuto Besak (BKB), Rabu (23/9) nanti.

“Pelaksanaan sholat Id akan dimulai pukul 07.00. Untuk Imam dan khotib ialah H Nofrizal Nawawi, LC, MPdI. Jadi kita harap, seluruh anggota Muhammadiyah dapat melaksanakan sholat ID di sana,” pungkasnya.

Oadk

x

Jangan Lewatkan

Kampanye 16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan di KI Meriah

Palembang, BP–Women’s Crisis Centre (WCC) Palembang menggelar kampanye 16 hari Anti kekerasan Terhadap perempuan tahun 2017, di Kambang Iwak, Palembang, ...